7 Langkah Sederhana untuk Menenangkan Diri Saat Marah atau Sedih

7 Langkah Sederhana untuk Menenangkan Diri Saat Marah atau Sedih

potret seseorang yang sedang marah--Freepik @cookie_studio

INFORADAR.ID - Dalam Kehidupan ini Tidak jarang menghadapi situasi sehari-hari yang menimbulkan emosi negatif, seperti kemarahan atau kesedihan sehingga sulit untuk menenangkan diri.

Bagaimanapun, kemampuan untuk mengatasi dan menenangkan diri selama gejolak emosi seperti itu adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan interpersonal yang baik.

Setiap orang pasti pernah mengalami momen tertentu ketika perasaan ini menguasai segalanya. Mungkin kita akan merasa tidak berdaya saat itu. Tiba-tiba seperti yang terjadi, ada ombak yang membuat kita merasa sedih, putus asa, panik, marah atau takut dan anda merasa kesulitan untuk menenangkan diri.

Sayangnya, perasaan yang tiba-tiba ini dapat menyebabkan rasa malu, tidak nyaman, atau masalah lainnya. Mungkin sulit untuk mengatasi emosi ini dan tenang dengan cepat pada saat-saat seperti itu.

Namun, Berikut adalah panduan lengkap dengan langkah-langkah terperinci untuk membantu Anda mengatasi kemarahan dan kesedihan:

1.  Hentikan apa yang kau lakukan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghentikan apa yang Anda lakukan. Jeda, jauhkan diri Anda dari situasi yang menimbulkan emosi negatif, beri diri Anda waktu untuk merespons dengan tenang dan sadar.

2.  Fokuskan kembali emosi Anda

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda sedang marah atau sedih, fokuskan kembali emosi Anda dengan menerima emosi yang dihasilkan, tentukan apa yang membuat Anda marah, dan pahami bahwa Anda mengendalikan reaksi Anda terhadap emosi tersebut.

3.  Mengatur pernapasan

Teknik pernapasan adalah salah satu alat terbaik untuk mengatasi emosi yang meningkat. Cobalah teknik pernapasan dalam - tarik napas perlahan melalui hidung, tahan sebentar dan buang napas perlahan melalui mulut. Ulangi ini beberapa kali untuk menenangkan sistem saraf Anda.

BACA JUGA:Tips Menghadapi Wanita yang Sedang Marah

4.  Rilekskan otot-otot anda

Ketegangan fisik sering kali mengikuti ketegangan emosional. Alihkan perhatian Anda ke tubuh Anda dan perhatikan di mana Anda sedang tegang. Mulai dari bahu, leher, dan wajah, kurangi perhatian Anda pada lengan, perut, dan kaki. Rilekskan otot secara bertahap dengan mengontraksikan dan mengendurkan setiap bagian tubuh. Nov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: