Tips Kesehatan Puasa Ramadan ala Dinkes Pandeglang, Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

Tips Kesehatan Puasa Ramadan ala Dinkes Pandeglang, Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Eni Yati-Moch Madani Prasetia-

INFORADAR.ID – Dalam menjalani ibadah puasa selama Ramadan, menjaga kondisi tubuh agar tetap fit menjadi hal yang sangat penting.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang memberikan beberapa tips yang dapat diikuti oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Eni Yati mengungkapkan pentingnya menghindari dehidrasi dengan mengonsumsi air mineral secara teratur. 

Ia menyarankan agar masyarakat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan pola minum 2-4-2. Menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik sangatlah penting selama menjalankan ibadah puasa.

"Disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan jika memungkinkan, kurangi konsumsi minuman berwarna. Pilihlah minuman yang sehat dan mengandung vitamin. Idealnya, konsumsi air sebanyak 1.500 mililiter," ungkap Eni Yati, Jumat 15 Maret 2024.

Eni Yati juga mengingatkan masyarakat untuk tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga ringan selama Ramadan. Menjaga aktivitas fisik akan membantu menjaga kebugaran tubuh meskipun sedang berpuasa.

BACA JUGA:Intip Cara Puasa Sehat Ala Rasulullah SAW di Bulan Ramadan

"Jangan lupa untuk tetap berolahraga meskipun sedang menjalani puasa. Pilihlah olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi tubuh, olahraga yang ringan-ringan saja," ucapnya.

Eni Yati menjelaskan, pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat selama Ramadan, yang harus mengandung karbohidrat, mineral, dan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

"Suplemen vitamin dapat menjadi tambahan untuk menjaga kekuatan tubuh. Saat berbuka, disarankan untuk tidak makan secara berlebihan, tetapi cukup dengan porsi yang sesuai," jelasnya.

Eni Yati berharap agar seluruh masyarakat Muslim di Kabupaten Pandeglang dapat menjalankan ibadah puasa dengan optimal tanpa kendala.

"Semoga seluruh umat Muslim di Pandeglang dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Jika ada masalah kesehatan, mereka diharapkan segera mendapatkan perawatan medis di fasilitas kesehatan terdekat," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: