7 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

7 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Waktu mustajab berdoa di bulan Ramadan --unsplash/ Masjid MABA

INFORADAR.ID- Banyak dari umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadan, tak hanya berlomba mencari pahala bulan Ramadan juga salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan terdapat dalam hadist yang berbunyi “Sesungguhnya, Allah membebaskan beberapa orang pada setiap hari dan malam (Ramadhan), setiap hamba di antara mereka ada doa yang dikabulkan’ (HR. Ahmad).

Lalu kapan saja waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan? Ini dia diantaranya.

1. Sepertiga Malam Terakhir 

Waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan yang pertama adalah sepertiga malam terakhir, yang dimulai dari pukul 00.00 sampai dengan 03.00.

BACA JUGA:Seruan MUI Boikot Kurma Israel, Ini Ciri Kurma Produk Israel

Sepertiga malam merupakan waktu yang paling efektif untuk memanjatkan doa kepada Allah. Selain berdoa, waktu sepertiga malam ini juga sering digunakan untuk salat tahajud. 

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Saat Sahur

Saat sahur termasuk salah satu dari 7 waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Sahur juga merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

Jadi, berdoalah sebelum menyantap makan sahur, Insya Allah doa kita akan dikabulkan oleh Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari dan Muslim:

“Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Sepanjang Berpuasa

Sepanjang berpuasa di bulan Ramadan juga merupakan waktu yang mustajab dikabulkannya doa-doa kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: