8 Hal Ini Bisa Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan, Wajib Dihindari

8 Hal Ini Bisa Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan, Wajib Dihindari

Ilustrasi orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan.-@freepik-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah puasa Ramadan dab perlu kamu hindari.

Sebelum berpuasa di bulan Ramadhan, tentunya kita harus tahu bagaimana Allah akan menerima puasa yang kita jalani. 

Kita tentunya tidak ingin puasa yang telah kita lakukan dari mulai terbitnya fajar hingga senja dengan menahan rasa lapar dan haus batal begitu saja, baik dengan disengaja ataupun tidak disengaja.

Oleh karena itu, kita harus menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa: 

BACA JUGA:Seruan MUI Boikot Kurma Israel, Ini Ciri Kurma Produk Israel

1. Memasukkan Sesuatu ke dalam Tubuh dengan Sengaja

Hal ini tentunya tidak boleh dilakukan di mana, ketika adanya sesuatu yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh melalui lubang (jauf) pada organ dalam seperti mulut, hidung atau telinga. 

Namun demikian, puasa akan tetap sah jika sesuatu itu tidak sengaja masuk ke dalam lubang tubuh yang kita miliki, seperti lupa minum di siang hari.

2. Pengobatan dengan Memasukkan Obat

Perawatan yang melibatkan penyisipan obat atau benda melalui qubul atau lubang bagian depan juga dubur, lubang bagian belakang. 

Hal ini bisa saja dilakukan seperti halnya pada pengobatan penderita ambeien atau pemasangan kateter urin pada orang yang sakit.

3. Muntah yang Disengaja

Orang yang muntah tidak sengaja, maka tidak akan membatalkan puasa kecuali jika seseorang muntah yang disengaja dengan berbagai cara, seperti memasukkan jari ke dalam mulut agar memakasakan diri untuk muntah.

4. Berhubungan Suami Istri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: