Manfaat Utama Berpuasa Bagi Kesehatan Mental, Perlu Banget Tahu

Manfaat Utama Berpuasa Bagi Kesehatan Mental, Perlu Banget Tahu

Potret suasana puasa di bulan Ramadan.-unsplash/@Umar Ben-

INFORADAR.ID – Perhatikan berikut merupakan beberapa manfaat puasa yang ternyata sangat berpengaruh terhadap Kesehatan mental

Baik itu puasa sunah maupun puasa Ramadan, tidak diragukan lagi bahwa puasa memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Selama berpuasa, tubuh tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun selama lebih dari 10 jam, sehingga tidak ada makanan yang harus dicerna.

Hal inilah yang membuat tubuh tidak menggunakan energi yang biasanya digunakan untuk pencernaan makanan dan dialihkan untuk meningkatkan fungsi otak.

Pada awal-awal puasa, mungkin saja manfaat puasa bagi kesehatan mental ini tidak akan terasa, karena memang tubuh perlu adanya adaptasi.

BACA JUGA:Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa, Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Sahur

Adapun beberapa manfaat puasa bagi kesehatan mental seperti beberapa hal berikut:

1. Menurunkan Tingkat Stres

Saat berpuasa, jam makan dan minum kita akan disesuaikan. Hal ini dianggap dapat merangsang kadar hormon stres (kortisol) dalam tubuh, sehingga stress bisa lebih mudah dikelola. 

Bnayak orang yang sudah mengetahui bahwa puasa juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan kejernihan pikiran.

2. Bisa Lebih Mengendalikan Diri

Disadari atau tidak, berpuasa sebenarnya dapat membantu kita agar bisa lebih pengendalian diri. Hal ini karena selama berpuasa, kita perlu menekan keinginan kita untuk makan dan minum.

Dengan begitu, kamu akan menghindari untuk melakukan hal itu jika masih masuk dalam waktu berpuasa. 

Pada hal ini juga menjadi salah satu momen bagi kita untuk memenuhi kewajiban agama dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: