5 Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Kuliah

5 Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Kuliah

ILUSTRASI : Contoh mahasiswa yang ketiduran saat sedang belajar. -Sumber foto freepik @wavebreakmedia_micro-

INFORADAR.ID - Sering sekali rasa kantuk muncul ketika sedang belajar, tentu hal itu tidak membuat kita fokus dan bisa mempengaruhi materi yang masuk ke dalam otak kita saat sedang belajar.

 

Saat sedang belajar tetapi rasa mengantuk terus-terusan muncul maka materi yang kita pelajari tidak dapat di pahami secara maksimal, karena saat rasa mengantuk muncul otak kita tidak bisa fokus untuk memahami materi.

 

Jangan sampe ketika mengantuk sampai tertidur di meja kelas, karena tentu hal itu akan semakin buruk untuk kondisi kita yang sedang belajar. 

 

Berikut, lima tips untuk menghilangkan rasa mengantuk saat belajar.

 

  1. Minum Air Putih Yang Cukup 

 

Dengan meminum air putih yang cukup, hal ini bisa menghilangkan rasa ngantuk saat belajar, sebab ketika merasa ngantuk tadanya kita mengalami dehidrasi. 

 

Dehidrasi bukan hanya kehilangan tenanga, dehidrasi juga bisa menyebabkan ngantuk ketika sedand belajar, oleh karena itu sebelum belajar alangkah baiknya meminum air putih yang cukup agar tidak muncul rasa ngantuk dan belajar bisa menjadi fokus.

 

  1. Sempatkan Waktu Untuk Bergerak

 

Sangat tidak disarankan untuk duduk berlebihan selama 30 menit, karena ketika duduk kelamaan bisa menyebabkan rasa ngantuk yang berlebih. 

 

Oleh karena itu luangkan waktu untuk bergerak, agar tidak adanya rasa mengantuk saat belajar. Cara nya bisa saja kita berjalan dulu atau berdiri hingga rasa ngantuk hilang.

 

  1. Makan Permen Mint

 

Memakan permen mint saat belajar merupkan suatu alternatif untuk menghilangkan rasa ngantuk, permen mint sangat di anjurkan untuk menghilangkan rasa ngantuk, karena permen mint dapat di percaya bisa menghilangkan rasa ngantuk yang berlebihan saat belajar.

 

Manfaatnya juga bisa kembali fokus belajar, sehingga kita bisa banyak memahami materi-materi yang diberikan oleh dosen.

 

  1. Belajar Dengan Serius

 

Terkadang banyak mahasiswa hanya mendengarkan saja materi-materi yang diberikan oleh dosennya, sehingga ketika banyak mendengarkan saja membuat rasa ngantuk semakin bermunculan. 

 

Sebaiknya ketika dosen memaparkan materi kita sambil mencatat poin-poin pentingnya, agar rasa ngantuk juga hilang karena kita serius untuk mencatat poin-poin penting yang di berikan dosen.

 

  1. Tidur Yang Cukup

 

Yang terakhir adalah tidur yang cukup, pada malam hari sebaiknya lakukan tidur yang cukup agar saat berkuliah tidak ngantuk, hindari kegiatan begadang, karena hal itu yang menyebabkan rasa ngantuk terus-menerus datang ketika belajar.

 

Jadi, itulah lima tips untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kuliah, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: