Bukan Kurma, Buah yang Biasa Dijual pada Bulan Ramadan Ini Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan

Bukan Kurma, Buah yang Biasa Dijual pada Bulan Ramadan Ini Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi berbuka puasa -Istock-

INFORADAR.ID - Bulan puasa atau ramadan biasanya tidak lepas dari buah yang satu ini. Buah yang masuk ke dalam suku labu-labuan ini kerap menjadi hidangan untuk berbuka puasa. 

Buah ini tidak dipanen setiap setiap bulan. Akan tetapi buah dengan nama Cucumis Mel L Var Reticulatus Naudin ini selalu ada pada bulan suci ramadhan. 

Nama buah ini adalah timun suri. Di berbagai tempat di Tanah Air, buah ini juga kerap disebut sebagai mentimun suri, benteng, timun betik, blewah dan barteh. Terlepas banyak namanya, namun buah ini ternyata punya manfaat untuk kesehatan. 

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan dalam daging buah timun suri. Dalam 100 gram daging timun suri punya kandungan gizi. Diantaranya, air 96,32 gram, protein 1,26 gram, lemak 0,04 gram, karbohidrat 2,09 gram. 

Kemudian, kalsium 768 miligram, zat besi 0,20 miligram, serat 0,89 miligram, vitamin C 24,86 miligram, kalium 1008 miligram dan fosfor 422 miligram. 

Dari kandungnya itu, maka tak heran timun suri punya manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu yakni: 

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Fame Hotel Gading Serpong Tawarkan All-YOU-CAN-EAT Buffet

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mengonsumsi buah timun suri dapat mencukupi kebutuhan cair tubuh setelah berpuasa. Sebab, dalam kandungan buah timun suri kaya akan air. Agar lebih nikmat, mengonsumsi buah timun suri dapat dicampur dengan sirup atau pun susu. Tambahkan aneka buah agar jadi santapan menyehatkan. 

2. Mengatasi Sembelit

Manfaat lain dari mengonsumsi buah timun suri adalah mengatasi dan mencegah sembelit. Manfaat tersebut didapatkan karena timun suri mengandung serat. 

Untuk diketahui, dalam setiap harinya, setiap orang membutuhkan serat sekitar 20 hingga 30 gram. Dengan kandungannya tersebut, maka mengonsumsi buah timu suri dapat memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. 

Disarankan, untuk mendapatkan manfaat ini mengonsumsi timun suri dapat dicampur putih. Dengan begitu, makan feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

3. Turunkan Resiko Berbagai Penyakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: