Mau Terjun ke Dunia Politik di Usia Muda Tapi Bingung Mulai dari Mana? Ikuti 5 Langkah Awal Ini

Mau Terjun ke Dunia Politik di Usia Muda Tapi Bingung Mulai dari Mana? Ikuti 5 Langkah Awal Ini

Ilustrasi seseorang yang sedang berpidato untuk politikus.-freepik/@storyset-

INFORADAR.ID – Buat kamu yang ingin memulai karir di dunia politik, kamu bisa melakukan langkah awalnya berikut ini.

Membangun karir di dunia politik tidak ada salahnya untuk dilakukan bagi kalian yang berminat di dalamnya.

Hal ini bisa kamu mulai lakukan dari sekarang agar kamu tidak merasa terlambat masuknya, sehingga di kemudian hari, tiba waktunya bagi kamu untuk berperan aktif di dunia politik yang kamu pilih.

adapun bagi kamu pemula yang baru memasuki dunia perpolitikan, kamu bisa melakukan beberapa langkah ringan berikut ini:

1. Mulai dengan Menjadi Relaawan

Setelah kamu memiliki 'SIM', menjadi sukarelawan adalah salah satu awal mula yang tepat bagi kamu untuk memulai terjun ke dunia politik. 

Jika ada sesuatu yang terjadi di komunitas kamu, cari tahu apa yang terjadi. Hadiri pertemuan komunitas, cari tahu siapa pemimpin komunitas dan tanyakan kepada mereka apa yang dapat kamu lakukan untuk membantu menyelesaikan masalah.

BACA JUGA:Melihat Politik dari Novel Tere Liye, Demokrasi, Materi, dan Persaingan Kedudukan

Secara umum, relawan biasanya memiliki waktu lima hingga sepuluh bulan untuk mempersiapkan diri sebelum waktu pemilihan umum; setiap lima tahun sekali biasanya ada kampanye presiden, tetapi pada waktu tertentu biasanya ada acara partai yang membutuhkan bantuan.

Jika kamu mulai terjun ke dunia politik pada waktu yang tepat, kamu dapat terjun ke dunia politik yang menarik perhatian kamu. 

Menjadi politisi bukanlah pekerjaan yang glamor, tetapi kamu harus mencobanya terlebih dahulu. Bertemu dengan orang yang memiliki tujuan sama akan memudahkan kamu memasuki dunia politik.

2. Masuklah ke Dunia Perkuliahan

Hal ini tidak hanya akan memudahkan kamu untuk sukses di bidang politik, tetapi juga akan membuat kamu berhubungan dengan banyak organisasi dan orang-orang yang mungkin belum pernah kamu kenal atau temui sebelumnya. 

Tergantung pada tujuan utama kamu, di mana kamu harus berspesialisasi dalam ilmu politik, hukum, studi komunikasi atau statistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: