Jangan Sampai Terlewat, Inilah 3 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Jangan Sampai Terlewat, Inilah 3 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Ilustrasi seseorang yang sedang berdoa --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia lebih khusyuk beribadah, memperbanyak amal saleh, dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Di antara waktu-waktu istimewa di bulan Ramadan, ada tiga waktu yang dianggap sangat baik untuk berdoa kepada Allah SWT dan insyaallah doa-doa yang dipanjatkan akan terkabulkan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat secara rinci tiga di antaranya dan bagaimana waktu-waktu tersebut harus digunakan untuk mendapatkan berkah dan pengampunan selama bulan Ramadan.

Berikut ini adalah tiga waktu di bulan Ramadan ketika doa-doa akan dikabulkan:

1. Waktu Sahur

Waktu sahur, sebelum fajar dan sebelum waktu imsak, adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim. Saat sahur, orang-orang melakukan dzikir, membaca Al-Qur'an dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. 

Oleh karena itu, Allah SWT menjanjikan keberkahan bagi mereka yang melakukan sahur. Waktu sahur adalah waktu yang tepat untuk berdoa, memohon ampunan dan memohon untuk melakukan perbuatan baik di dunia dan akhirat.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Ide Jualan Takjil untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadan, Dijamin Laku Keras

Rasulullah SAW bersabda:

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” [HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758].

Seperti yang kita ketahui, pukul tiga pagi adalah waktu yang paling penting untuk melakukan salat dan ibadah lainnya seperti salat tahajud. Biasanya orang tertidur dan sulit bangun untuk melaksanakan salat tahajjud dan beribadah di malam hari, namun tidak demikian halnya di bulan Ramadan. Mereka bangun saat sahur untuk makan dan memberi energi untuk hari berikutnya berpuasa. Waktu sahur setara dengan sepertiga malam. Jadi di bulan Ramadan, umat Islam sangat beruntung: mereka tidak tidur di malam hari dan dapat menggunakan waktu ini untuk salat dan ibadah lainnya.

2. Saat Berpuasa

Puasa, ketika seseorang menahan lapar, haus dan menahan keinginan untuk memenuhi perintah Allah, merupakan waktu khusus untuk berdoa.

Ketika seseorang berpuasa, hatinya lebih dekat dengan Allah dan doa-doanya lebih mungkin dikabulkan. Oleh karena itu, puasa adalah waktu terbaik untuk memohon ampunan, rahmat dan berkah bagi diri sendiri, keluarga dan umat Muslim lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: