Mau Lebih Bersemangat Menjalankan Ibadah Puasa? Lakukan Tips Ini Menjelang Sahur dan Berbuka

Mau Lebih Bersemangat Menjalankan Ibadah Puasa? Lakukan Tips Ini Menjelang Sahur dan Berbuka

Potret orang yang sedang berbuka puasa dengan kurma.-freepik/rawpixel.com-

INFORADAR.ID – Begini tips agar ibadah puasa kamu bisa berjalan dengan lancar dan bisa bersemangat dalam menjalankannya.

Ibadah puasa Ramadhan merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang, di mana bulan ini menjadi salah salah satu bulan yang sangat Istimewa.

Keisitimewaan itu dihadirkan karena bulan ini menjadi salah satu waktu bagi kita untuk banyak-banyak berbuat baik, karena akan dilipatgandakan segala bentuk amalan yang kita perbuat.

Karena itu, kita harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin yang bisa kita lakukan agar puasa yang kita jalani ini tersa lebih enjoy.

Untuk itu, kamu bisa melakukan ini ketika menjelang sahur dan berbuka agar kamu bisa lebih bersemangat dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Bangun Lebih Awal untuk Sahur

Karena kamu harus berpuasa di siang hari, maka kamu harus bangun sebelum fajar dan makan sahur. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak minum air agar tidak terlalu merasa sangat kehausan di siang hari.

Cobalah memakan makanan tinggi protein dan serat misalnya biji-bijian, buah dan sayuran agar kamu tidak merasa terlalu lapar di siang hari. 

Ingatlah juga untuk mengonsumsi makanan halal dengan mencari tanda atau cap halal, misalnya pada produk susu dan bahan makanan yang kerap kali kita konsumsi.

BACA JUGA:Ramadhan Challenge: Tips Khatam Al-Quran Selama Bulan Ramadhan, Bisa Lebih dari Satu Kali

2. Berbuka Bersama Keluarga atau Teman

Selama bulan Ramadhan, adalah hal yang umum untuk mengundang teman dan kerabat untuk berbuka puasa bersama. 

Muslim dan non-Muslim dapat berkumpul bersama dan berbagi kegembiraan dalam satu riungan komunitas. Jadi, jangan ragu untuk membuka diri. 

Berbuka puasa biasanya dimulai dengan makan satu atau dua buah kurma dan sunnahnya ada mengonsumsinya sebanyak 3 biji kurma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wikihow