Para Wibu di Serang Wajib Tahu, Ini Dia Nishikai, Komunitas Para Wibu

Para Wibu di Serang Wajib Tahu, Ini Dia Nishikai, Komunitas Para Wibu

Potret Galang anggota Nishikai saat ngobrol di Podcast Radar Banten--

 

INFORADAR.ID - Komunitas Nihon Suki Kyoukai atau Nishikai adalah salah satu komunitas pencinta Jejepangan yang sedang eksis di Kota Serang. 

Anggota Nishikai kebanyakan dari mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, walaupun begitu, komunitas Nishikai ini terbuka untuk umum dengan syarat usia 17 tahun keatas atau yang sudah memiliki KTP.

Komunitas ini didirikan paada 27 September 2010, Gilang selaku anggota Nishikai menuturkan bahwa Nishikai memiliki jargon Memasyarakatkan Wibu, Mewibukan Masyarakat.

“Jargon itu awalnya dari Ajay selaku mantan ketua umum komunitas Nishikai” ujar Gilang.

Arti dari jargon tersebut adalah untuk mengurangi konotasi negatif wibu dan sebagai harapan Nishikai bisa di terima dan bermanfaat dikalangan masyarakat serta memberikan edukasi kepada kawan-kawan yang memiliki hobi yang sama. 

Kemudian arti dari Mewibukan masyarakat adalah memperkenalkan hobi mereka dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas.

“pada intinya makna dari memasyarakatkan wibu, mewibukan masyarakat itu adalah fokus kita untuk mengembangkan dua aspek, pertama untuk mengembangkan diri baik dari bakat ataupun dari segi akhlak para wibu, kedua agar masyarakat umum tahu tentang dunia perwibuan, dan yang paling utama adalah komunitas Nishikai ini dibuat untuk membentuk para wibu yang beradab” tutur Galang dalam wawancara Podcast Radar Banten, Kamis, 15 Februari, 2024. 

Dengan jargon itu, komunitas Nishikai memiliki banyak kegiatan yang menarik diantaranya ada kegiatan internal dan eksternal. 

Dalam kegiatan internal komunitas Nishikai membuat program kumpul reguler yang dilaksanakan setiap hari Rabu di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sesama anggota, selain itu komunitas Nishikai ini membuat club sesuai dengan minat bakat para anggota, seperti minat di bidang musik (ongaku), dance (odori), literatur dan cosplay.

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Nishikai, galang berharap komunitas Nishikai semakin besar, dikenal masyarakat dan memiliki banyak anggota. 

“ harapnya si komunitas ini semakin rame, makin banyak audience yang tahu dan semakin terdepan” harapnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: