Ini Dia Tradisi Munggahan Unik di Berbagai Daerah Sambut Datangnya Bulan Puasa

Ini Dia Tradisi Munggahan Unik di Berbagai Daerah Sambut Datangnya Bulan Puasa

Tradisi Meugang di Aceh jelang bulan puasa Ramadan-Pixabay-

INFORADAR. ID - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 yang tinggal menghitung hari saja, pastinya masyarakat Indonesia yang beragama Muslim akan melakukan tradisi Munggahan 

Sebagai negara berpopulasi Muslim terbesar di dunia, tidak heran kalau dalam menyambut bulan Ramadan, masyarakat Indonesia sangat antusias melakukan tradisi Munggahan tersebut. 

Diketahui, tradisi atau kebiasaan ini sudah dilaksanakan secara turun temurun. Dan tradisi Munggahan tersebut sangat beragam dilakukan oleh berbagai daerah. 

Penasaran?, yuk kita intip tradisi unik menyambut bulan Ramadan dari berbagai daerah, dan mempunyai nilai warisan leluhur tinggi yang juga menciptakan suatu budaya nan islami. 

1. Tradisi Meugang dari Aceh

Kota Serambi Mekkah ini memang punya beragam tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadan, salah satunya adalah Meugang.

Meugang disebut juga dengan Makmeugang atau Haghi Mamagang, di mana tradisi ini dilaksanakan saat menjelang bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.

Meugang sendiri sudah ada dari sejak zaman kerajaan Aceh Darussalam, yaitu sekitar abad ke-14. Sebab dalam pelaksanaannya, masyarakat akan membeli daging di pasar, namun ada juga yang menyembelihnya. 

 

Daging ini kemudian dihidangkan dengan hidangan terbaik dan disantap bersama keluarga, rekan kerja (Meugang Kantor), dan warga desa (Meugang di Gampong).

2. Malamang  dari Sumatra Barat

Tradisi Munggahan berikutnya adalah Malaman. Sebab orang Minang juga enggak akan kalah soal kemeriahannya. Di Sumatra Barat, warga Minang biasa melakukan tradisi Malamang atau membuat lemang pada bulan sebelum puasa atau sering juga disebut bulan Lemang (lamang). 

Nah, lemang sendiri merupakan makanan tradisional berupa beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu yang panjang, disisipkan daun pisang, lalu dibakar. 

Tradisi membuat lemang ini terkenal di beberapa daerah seperti Padang, Pariaman, Padang Pariaman, dan Painan. Selain untuk bulan puasa, lemang pun kerap dijadikan makanan acara hajatan atau kekerabatan,. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: