10 Orang Terkaya di Asia Tenggara, Indonesia Paling Banyak

10 Orang Terkaya di Asia Tenggara, Indonesia Paling Banyak

Ilustrasi orang terkaya di Asia Tenggara.-Mathieu Stern-unsplash.com

INFORADAR.ID - Pengusaha Indonesia, Prajogo Pangestu, tidak masuk dalam daftar 25 orang terkaya di dunia. Namun, menurut Forbes Real Time Billionaire, ia berada di peringkat teratas sebagai orang terkaya di Asia Tenggara.

Salah satu orang terkaya di Asia Tenggara, Prajogo menduduki peringkat ke-24 di dunia dan peringkat ke-4 di Asia tahun sebelumnya. Menurut data Forbes, Prajogo merupakan salah satu dari empat orang di dunia yang mengalami peningkatan kekayaan yang sangat signifikan sepanjang tahun 2023.

Meskipun peringkat kekayaannya turun, Prajogo tetap menjadi orang terkaya di Asia Tenggara dan Indonesia.

Pengusaha Indonesia mendominasi peringkat orang terkaya di Asia Tenggara. Low Tuck Kwong, juga dari Indonesia, adalah orang terkaya kedua di Asia Tenggara, dengan Hartono bersaudara di tempat ketiga dan keempat.

BACA JUGA:3 Wanita Terkaya di Indonesia, Hartanya Bikin Minder Para Pria

Menurut Forbes Real Time Billionaire, 10 orang terkaya di Asia Tenggara adalah:

1. Prajogo Pangestu (Barito Pacific) - Indonesia

Dengan aset sebesar USD 35,9 miliar, Prajogo Pangestu adalah orang terkaya di Asia Tenggara. Sebagai pendiri perusahaan energi terkemuka Barito Pacific, Prajogo telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap sektor energi dan sumber daya alam Indonesia.

Setelah mendaftarkan perusahaan tambang batu bara Petrindo Jaya Kriasi pada Maret 2023, Prajogo mendaftarkan kepemilikannya di perusahaan energi terbarukan Barito Renewables Energy enam bulan kemudian, pada Oktober 2023.

2. Low Tuck Kwong (Bayan Resources) - Indonesia

Pemilik perusahaan batu bara Bayan Resources, Low Tuck Kwong berada di urutan kedua dalam daftar ini dengan aset sekitar 27,9 miliar dolar AS.

Ia juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy (sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources) dan memiliki saham di Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voxel Electric.

3. R. Budi Hartono (Djarum) - Indonesia.

R. Budi Hartono, dengan aset sebesar USD 36,5 miliar, dikenal sebagai salah satu arsitek kesuksesan Djarum, perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia. Kontribusinya pada industri tembakau telah menciptakan lapangan kerja dan pendapatan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: forbes.com