Jelang Libur Imlek 2024, Kemenparekraf Siapkan Peta Wisata Pecinan di Indonesia

Jelang Libur Imlek 2024, Kemenparekraf Siapkan Peta Wisata Pecinan di Indonesia

Jelang Libur Imlek 2024 Kemenpareraf Siapkan Peta Wisata Pecinan di Indonesia --unsplash/ mrbeef

INFORADAR.ID - Menyambut Tahun Baru Cina 2024, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siapkan perjalanan wisata libur Imlek 2024.

Jelas libur Imlek 2024, Sandiaga Uno telah menyiapkan perjalanan perayaan Imlek 2024 untuk wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Menjelang libur Imlek 2024 Kemenparekraf telah menyiapkan peta destinasi wisata Pecinan yang meliputi Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, dan Singkawang.

Melansir dari laman kemenparekraf.go.id, Sandiaga Uno menjelaskan libur panjang Tahun Baru Imlek memiliki potensi besar mendatangkan wistawan mancanegaran dan pergerakan wisata nusantara.

"Pemerintah tahun 2024 ini menargetkan kunjungan 14,3 wisman dan 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus, kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” kata Sandiaga Uno saat The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta yang dikutip INFORADAR.ID dari kemenparekraf.go.id pada 31 Januari 2024.

BACA JUGA:Asyik Februari Long Weekend, Cek Tanggal Merah dan Cuti Bersama Februari 2024, Ada Hari Kejepit

Sandiaga menjelaskan, kawasan Pecinan merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota Indonesia dan memiliki keunikan khs dan menarik banyak wisatawan.

Pecinan ragam budaya Tionghoa terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori hingga kuliner.

Berikut ini destinasi wisata Pecinan di Indonesia yang direkomendasikan oleh Kemenparekraf.

Jakarta

Glodok-Petak Sembilan Jakarta menjadi andalan wisata pecinan Glodok antara lain:

  • Gereja Katolik Santa Maria de Fatima
  • Kuil Jin De Yuan atau Vihara Dharma Bakti
  • Chandra Naya
  • Kelenteng Tang Seng Ong
  • Tumah Teh Pantjoran

Semarang

Kemudian ada destinasi wisata Pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah, dengan tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Samp Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu.

BACA JUGA:10 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Kekinian dan Legendaris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: