Ini Tips yang Harus Dilakukan untuk Merawat Ginjal, Salah Satunya Hindari Obat Antinyeri

Ini Tips yang Harus Dilakukan untuk Merawat Ginjal, Salah Satunya Hindari Obat Antinyeri

Ilustrasi bentuk ginjal-iStock-

INFORADAR.ID - Ginjal adalah organ vital yang ada di dalam tubuh manusia. Organ ini berbentuk mirip kacang dan letaknya ada di belakang perut atau abdomen. 

Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Fungsi ginjal adalah membuang racun, kadar garam, air dan mineral berlebih serta limbah yang mengandung urea (nitrogen). 

Dengan fungsinya yang begitu penting untuk kesehatan maka menjaga kesehatan ginjal harus dilakukan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. 

Berikut ini adalah cara atau tips dalam merawat ginjal agar berfungsi dengan baik: 

1. Olahraga Rutin

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan melakukan olahraga secara berkala atau rutin. Olahraga yang rutin dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah kenaikan berat badan, melancarkan sistem peredaran darah yang dapat memberi dampak optimal pada fungsi-fungsi organ tubuh kita.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Dia 5 Kebiasaan yang Dianggap Sepele dan Bisa Merusak Ginjal

2.   Konsumsi Makanan Sehat

Makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Menjaga pola makan yang sehat dapat mendukung kinerja ginjal agar dapat bekerja secara optimal. 

Sejumlah penyakit awalnya dipengaruhi oleh penyakit utama yang mendahuluinya. Seperti  diabetes melitus, kadar asam, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Oleh karena itu diperlukan upaya mengubah kebiasaan dengan konsumsi makanan yang sehat dan memiliki komposisi nilai gizi yang seimbang.

3. Jaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Sejumlah kasus komplikasi diabetes melitus dalat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itu untuk penderita diabetes melitus disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dengan harapan dapat mencegah secara dini kemungkinan terjadinya komplikasi kerusakan ginjal.

4.  Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Menjaga kestabilan tekanan darah juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: