Tingkatkan Hasil Panen Budidaya Nila, Desa Argawana Ajak Perusahaan Bersinergi

Tingkatkan Hasil Panen Budidaya Nila, Desa Argawana Ajak Perusahaan Bersinergi

Sekdes Argawana, Puloampel, Mahdi Ar-Rasydi (tengah) menerima bantuan CSR dari PT Indonesia Power-Mahdi-

INFORADAR.ID - Program Ketahanan Pangan (Ketapang) Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang terus ditingkatkan. Salah satu upayanya dengan mengajak perusahaan bersinergi dalam bentuk penyediaan alat dan mesin guna menambah produsktivitas hasil panen.

Untuk diketahui, Pemerintah Desa Argawana memiliki  program ketapang berupa budidaya ikan nila yang dimulai sejak pertengahan 2023. Kemudian pada Desember 2023, dari total delapan kolam yang dimiliki, budidaya ikan nila ini panen sebanyak 400 Kilogram.

Sekretaris Desa Argawana Mahdi Ar-Rasydi mengatakan, tahun ini ditargetkan hasil panen budidaya ikan nila ditingkatkan dengan memanfaatkan sinergitas dengan perusahaan. Salah satu perusahaan yang turut membantu ialah PT PLN Indonesia Power Cilegon (PLTGU Cilegon) dengan memberikan bantuan CSR.

"Alhamdulillah hari ini bantuan kami terima dari Indonesia Power untuk menunjang program ketapang desa kami," kata Mahdi kepada INFORADAR.ID, Senin 15 Januari 2024.

Dijelaskan Mahdi, bantuan CSR Indonesia Power berupa 4 unit Mesin Airator, 1 unit Mesin Genzet, 4 unit Drum Plastik, 120 Benih Ikan Nila, 24 karung Pakan ikan nila, 1 unit timbangan gantung digital, dan 20 Sergam kelompok. Dengan bantuan ini, Mahdi optimistis, peningkatan hasil panen budidaya ikan nila akan bertambah menjadi 85 persen.

"Panen pertama Desember 2023 semuanya kita bagikan kepada warga terdampak stunting, tahun ini kita rencanakan juga hasil panen untuk dijual agar menambah pendapatan desa," ungkapnya.

CSR PT Indonesia Power Iyadulloh membenarkan adanya penyerahan bantuan CSR kepada Pemerintah Desa Argawana berupa alat dan mesin pendukung produktivitas budidaya ikan nila.

"Sudah diserahkan hari ini, kami juga akan melakukan pendampingan secara berkelanjutan," jelasnya.

Ia berharap, "Semoga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat terutama dalam peningkatan hasil panen ikan nila di Desa Argawana," harapnya. (drp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: