Rokok dan Kopi Jadi Penyebab Osteoporosis, Ini Penjelasannya

Rokok dan Kopi Jadi Penyebab Osteoporosis, Ini Penjelasannya

Ilustrasi pasien penderita osteoporosis-Istock-

INFORADAR.ID - Kebiasaan merokok dan minum kopi ternyata bisa menjadi salah satu penyebab Osteoporosis. Kedua kebiasaan itu harus menjadi perhatian jika ingin terhindar dari Osteoporosis

Untuk diketahui osteoporosis berasal dari kata osteo dan porous. Osteo artinya tulang sedangkan porous berarti berlubang-lubang atau keropos. Jadi sederhananya osteoporosis adalah tulang yang keropos. 

Osteoporosis merupakan penyakit yang mempunyai sifat khas berupa penurunan massa tulang disertai penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan kerapuhan tulang. 

Nah kembali lagi ke penyebabnya, rokok dan kopi disebut salah satu faktor osteoporosis. Hal itu dikarenakan, merokok dan sering minum kopi bila asupan kalsium rendah dapat menyebabkan penurunan masa tulang. 

Selain merokok dan sering minum kopi, ada hal lain yang menyebabkan seseorang terkena osteoporosis. Berikut ini penyebab dan penjelasannya:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab osteoporosis. Setiap individu mempunyai ketentuan normal sesuai dengan sitat genetiknya serta beban mekanis den besar badannya. Apabila individu dengan tulang yang besar, kemudian terjadi proses penurunan massa tulang (osteoporosis) sehubungan dengan lanjutnya usia, maka individu tersebut relatif masih mempunyai tulang lebih banyak dari pada individu yang mempunyai tulang kecil pada usia yang sama.

2. Faktor Mekanis

Faktor ini berkaitan dengan penurunan massa tulang yang berhubungan dengan usia lanjut seseorang. Bertambahnya usia biasanya akan membuat aktivitas fisik menurun sehingga beban mekanik akan berkurang. Kondisi itu akan menyebabkan berkurangnya massa tulang.

3. Kalsium

Kalsium merupakan asupan penting bagi tulang. Mengonsumsi minuman yang mengandung kalsium sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sebaliknya, kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan sseorang terkena osteoporosis. 

4. Protein

Selain kalsium, kekurangan protein juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi massa tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya protein sangat dianjurkan jika ingin merawat kesehatan tulang. 

Selain lima hal tersebut, ada beberapa penyebab osteoporosis. Seperti kekurangan estrogen dan alkohol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: