Masih Percaya Mitos? Ini 6 Mitos Jawa yang Berhubungan dengan Hal Mistis

Masih Percaya Mitos? Ini 6 Mitos Jawa yang Berhubungan dengan Hal Mistis

Potret burung Gagak yang ada di atas rumah merupakan mitos jawa.-freepik/@wirestock-

Selain itu, bersiul di tengah malam juga dapat mengganggu ketenangan anggota keluarga dan tetangga.

3. Jangan Mengenakan Baju Hijau Ketika ke Pantai 

Banyak orang yang mempercayai mitos ini ketika datang ke pantai selatan. Beberapa orang percaya bahwa jika mereka mengenakan pakaian berwarna hijau, mereka akan bertemu dengan Nyi Lolo Kidul dengan warna yang dipakainya sama, yakni warna hijau. 

Di sisi lain, warna hijau tampak bercampur dengan laut. Hal ini menyulitkan tim SAR untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, hal ini karena warna pakaian korban tidak mencolok dan tidak akan terlihat.

4. Pertanda Buruk Jika Anda Gagak di depan Rumah

Dianggap sebagai pertanda buruk jika ada burung gagak yang terbang di depan rumah atau hinggap di atap rumah, terbang berkeliling atap. 

Legenda Jawa yang masih dipercaya hingga saat ini, dikatakan sebagai pertanda bahwa penghuni rumah akan menderita penyakit serius atau meninggal dunia. Ini adalah sebuah legenda.

BACA JUGA:Seram, Cerita Mistis di Balik Keindahan Danau Toba

5. Larangan Memotong Kuku di Malam Hari

Banyak orang tua yang melarang anaknya memotong kuku di malam hari. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu belum ada penerangan seperti sekarang ini yang lebih maju, sehingga sulit untuk memotong kuku di malam hari. 

Di sisi lain, memotong kuku di malam hari berarti membuat rumah berantakan. Selain itu, ada tradisi yang mengatakan bahwa menyapu atau bersih-bersih di malam hari tidak baik.

6. Ayam Jantan  Berkokok di Malam Hari

Biasanya, kokokan ayam jantan adalah tanda bahwa pagi telah tiba. Namun, dalam kondisi tertentu, ayam jantan juga bisa berkokok di malam hari. 

Menurut kepercayaan populer, ayam berkokok pada waktu yang salah, bisa menjadi pertanda buruk akan datang atau pertanda bahwa seorang gadis hamil di luar nikah. 

Ada juga yang percaya bahwa ayam berkokok di malam hari ini karena mereka dapat melihat makhluk tak kasat mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: