Seram, Cerita Mistis di Balik Keindahan Danau Toba

Seram, Cerita Mistis di Balik Keindahan Danau Toba

Danau Toba, Sumatera Utara--unsplash/ diohsb

INFORADAR.ID - Danau Toba adalah keajaiban alam yang menakjubkan. Danau ini diyakini terbentuk dari letusan dahsyat gunung berapi Toba sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan memiliki kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip samudra daripada danau.

Dari sekian banyak danau di Indonesia, yang paling terkenal adalah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini dianggap sebagai danau terbesar.

Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini terdapat pulau besar yakni Pulau Samosir.

Namun, keindahan danau ini menyembunyikan beberapa cerita mistis Danau Toba yang membuatnya menjadi menarik.

BACA JUGA:Mitos Legenda 4 Ratu Penguasa Lautan Indonesia Dari Nyi Roro Kidul Hingga Dewi Lanjar

1. Ikan Mas Raksasa Penunggu Danau Toba

Legenda urban tentang keberadaan tiga ikan emas raksasa yang dianggap sebagai penjaga Danau Toba ini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat di wilayah tersebut.

Keberadaan ikan mas ini seolah abadi yang diturunkan dari generasi ke generasi menyebutkan bahwa ada tiga ikan mas yang sangat besar dengan warna khas Batak, yaitu hitam, putih, dan merah.

Anehnya, para nelayan di perairan Toba sering merasa khawatir ketika mereka melihat kawanan ikan ini berenang, karena ikan-ikan ini dapat merusak jaring mereka. 

Mereka juga percaya bahwa ketiga ikan tersebut merupakan perwujudan dari Danau Toba yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

2. Naga

Misteri Danau Toba berikutnya berkaitan dengan salah satu makhluk legendaris yang berukuran sangat besar, yaitu naga. Sosok hewan purba ini dipercaya ada di dasar Danau Toba.

Masyarakat sekitar Danau Toba percaya bahwa makhluk mitos ini merupakan wujud dari anak Pak Toba yang kini menghuni danau tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: