Merasa Diri Anda Belum Cukup Dewasa? Begini Ciri-ciri Secara Emosionalnya

Merasa Diri Anda Belum Cukup Dewasa? Begini Ciri-ciri Secara Emosionalnya

Potret seorang pria yang dewasa dari segi emosionalya.-pixabay/@pexels-

INFORADAR.ID - Berikut merupakan beberapa tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengukur seberapa dewasa Anda berdasarkan emosional.

Tumbuh dewasa bukan hanya tentang usia, tetapi juga tentang perilaku dan reaksi seperti mudah tersinggung, kurang empati, tidak bertanggung jawab dan masih banyak lagi.

Kedewasaan yang bukan hanya diukur dari usia ini akan sangat diperhatikan oleh orang-orang di sekitar, di mana itu menjadi hal yang bisa saja menjadi pusat perhatian bagi orang lain.

Sikap dan emosi juga akan sangat mempengaruhi dari pertumbuhan kedewasaan bagi setiap orang, di mana Anda pribadi bisa saja memperhatikan dan menjadikan cerminan diri untuk menilai bagaimana dan seperti apa bentuk kedewasaan yang sudah tercipta di dalam diri Anda.

Untuk mengetahui hal itu, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini, antara lain:

BACA JUGA:Rata-rata Waktu Penggunaan HP yang Ideal untuk Anak hingga Dewasa

1. Self-Centered

Salah satu tandanya adalah kebutuhan konstan untuk menjadi pusat perhatian. Dengan kata lain, mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri dan tidak memikirkan orang lain. 

Hal ini bisa disebut juga sebagai salah satu sifat egosentrisme atau kurangnya empati terhadap orang lain dan rasa superioritas yang dimiliki.

2. Tidak Bertanggung Jawab

Orang yang tidak matang secara emosional memiliki rasa tanggung jawab yang rendah atas kesalahan yang telah diperbuatnya sebelumnya.

Hal ini dikarenakan ketika mereka melakukan kesalahan, mereka tidak langsung bertanggung jawab melainkan menyalahkan keadaan, mencari-cari alasan dan menyalahkan orang lain atas kesalahannya.

3. Rendahnya Sikap Empati 

Orang yang tidak matang secara emosional memiliki empati yang rendah dan sangat sedikit memiliki empati terhadap orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: