Berburu Bule di Kota Tua Jakarta Bersama Ghibrant English Course

Berburu Bule di Kota Tua Jakarta Bersama Ghibrant English Course

Kegiatan Berburu Bule dari Ghibrant English Course di Kota Tua Jakarta.--

INFORADAR.ID - Kota Tua Jakarta menjadi salah satu destinasi kunjungan wisatawan asing atau yang disebut "bule" (istilah informal untuk orang kulit putih) di Indonesia.

Kota Tua Jakarta yang juga dikenal dengan nama Batavia memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan Belanda di Asia. Bangunan bersejarah yang dilestarikan mencerminkan warisan budaya zaman kolonial Belanda.

Banyak wisatawan asing atau bule tertarik untuk menjelajahi dan memahami sejarah ini. Hal tersebut dimanfaatkan dengan kreatif oleh Gibrant English Course dengan ciamik.

Ghibrant English Course merupakan lembaga pendidikan bahasa asing yang ada di Kabupaten Pandeglang, dan menggelar kegiatan "Berburu bule" pada 20 Desember 2023 di Kota Tua Jakarta.

Berburu Bule ala Ghibrant English Course ini menjadi kegiatan rutin lembaga pendidikan bahasa asing terkemuka di Pandeglang yang dilatarbelakangi untuk menguji mental dan kemampuan siswa dalam bercakap menggunakan bahasa Inggris dengan bule atau native speaker.

"Seperti sayur tanpa garam, jika belum menguji kemampuan bahasa Inggris kita dengan bule", ujar Ann Ghibrant, Head Chief of Ghibrant English Course pada INFORADAR.ID, Selasa 20 Desember 2023.

Untuk menguji kemampuan bahasa Inggris para siswanya, Ghibrant English Course menemukan formula inovatif dengan nama "Berburu Bule".

Berburu Bule adalah konsep pembelajaran 'learning by doing' yang pertama kali dirilis pada tahun yang sama dengan pendirian lembaga kursus bahasa Inggris ini pada tahun 1995.

Pada era tahun 90-an tersebut, Ghibrant English Course memulai konsep Berburu Bule untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dengan bertandang pada beberapa lokasi wisata di Banten yang menjadi pusat kunjungan turis asing, misalnya Pantai Carita dan Anyer.

Kini, konsep latihan percakapan bahasa Inggris ini dalam beberapa tahun terakhir memilih Kota Tua Jakarta atau Taman Mini Indonesia Indah menjadi target berburu bule siswa Ghibrant English Course.

Bangunan Kota Tua Jakarta melestarikan arsitektur kolonial Belanda yang indah. Kehadiran bangunan tua, dan bangunan bersejarah lainnya meningkatkan daya tarik visual dan memberikan pengalaman unik bagi pengunjung dari manca negara.

Ghibrant English Course memanfaatkan kesempatan tersebut dengan tepat. Kawasan Kota Tua Jakarta memang menjadi pusat bule berkeliaran.

Ratusan siswa Ghibrant English Course yang tergabung dalam beberapa kelompok, menyerbu kawasan bersejarah Indonesia itu dengan semangat menggebu.

Antusiasme siswa dalam menguji kemampuan bahasa Inggris dengan para bule tersebut bisa dilihat dari dokumentasi ini:



"Berburu Bule ini memang efektif banget untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, terutama dalam hal mental. Kecerdasan mental sangat penting sekali untuk dikuasai." ujar Ann Ghibrant.

Kota Tua Jakarta adalah rumah bagi berbagai museum dan galeri seni yang memberikan wawasan tentang sejarah, seni, dan budaya Indonesia. Museum Fatahillah dan Museum Wayang  populer di kalangan wisatawan Asing.

"Kota Tua Jakarta, selain dekat dengan Pandeglang Banten, disini banyak sekali bule. Makanya kami memilih Kota Tua sebagai tempat berlatih percakapan bahasa Inggris yang dimana menjadi syarat utama untuk naik tingkat di Ghibrant English Course", tambah Ann Ghibrant.

Lembaga pendidikan bahasa asing yang telah berdiri selama kurang lebih 28 tahun ini telah banyak menghasilkan siswa-siswi berprestasi.

Misi utama dari Ghibrant English Course adalah merubah 'image' pelajar mengenai percakapan bahasa Inggris yang dinilai sulit menjadi mudah dan menyenangkan.



"Pandeglang sebagai salah satu Kabupaten di Banten, yang tentu saja memiliki banyak kawasan wisata, harus menjadi tuan rumah bagi daerahnya sendiri, dengan demikian sumber daya manusianya harus ditopang dengan keterampilan bahasa Inggris", jelas Ann Ghibrant.

"Lebih dari itu, saya bermimpi untuk menciptakan Pandeglang sebagai Kabupaten dengan pelajar-pelajar yang cakap, pandai, terampil dalam percakapan bahasa Inggris", tutup Ann Ghibrant.

Dari pemantauan INFORADAR.ID, Berburu Bule dari Ghibrant English Course ini memang menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Disamping uji latih kemampuan bahasa Inggris, rombongan siswa yang terdiri dari beberapa kelompok sebelumnya mengadakan pentas seni yang digelar di Museum Mandiri, kawasan Kota Tua Jakarta.

Setelah menampilkan kemampuan kreatifitas seni budaya, kelompok siswa digiring oleh beberapa mentor Ghibrant English Course dalam berburu bule.

Michele, bule Prancis yang menjadi 'korban' latihan percakapan bahasa Inggris mengatakan pada INFORADAR.ID, jika dia terkesan dengan apa yang dilakukan oleh para siswa Ghibrant English Course.

"Saya mengapresiasi dengan apa yang mereka lakukan. Selain karena mereka pintar dan lucu. Pengalaman yang menyenangkan bisa bertemu dengan mereka", ujarnya pda INFORADAR.ID.

Kegiatan berburu bule selanjutnya akan Ghibrant English Course kembali teruskan dan menunjuk Bandung sebagai lokasi perburuan mereka tahun depan.

Menarik tentunya dengan apa yang dilakukan tim dari Ghibrant English Course tahun ini. Apa yang dilakukan lembaga bahasa asing dari Kabupaten Pandeglang ini bisa dipastikan akan menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: