10 Masjid Megah Buatan Ridwan Kamil di Indonesia yang Punya Karakter Unik

10 Masjid Megah Buatan Ridwan Kamil di Indonesia yang Punya Karakter Unik

Masjid Raya Sumatera Barat karya Ridwan Kamil yang punya desain unik--padang.go.id

INFORADAR.ID - Ridwan Kamil bukanlah sosok yang asing di kota ini. Dia adalah mantan  Gubernur Jawa Barat.

Sebelum menjadi pejabat publik yang dikenal dengan humornya, Ridwan Kamil adalah seorang arsitek yang bekerja di berbagai firma arsitektur ternama di Amerika Serikat dan Indonesia.

Ridwal Kamil, yang memiliki gelar sarjana desain arsitektur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan gelar master di bidang perencanaan kota dari University of California, Berkeley, memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menciptakan bangunan yang indah tanpa mengurangi fungsinya.

Salah satu karya arsitekturnya yang paling populer adalah masjid. masjid-masjid yang dirancang Ridwan Kamil memiliki karakter yang unik. 

Ridwan Kamil telah membangun masjid yang tersebar di seluruh Indonesia

1. Masjid Al-Mumtadz

Kepergian Emeril Khan Mumtadz meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga. 

Sebagai penghormatan terakhir untuk putra sulungnya, Ridwan Kamil membangun sebuah masjid di dekat makam Emir. Masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil dan diberi nama Al Mumtadz. 

Mumtadz adalah nama belakang Eril, yang berarti "yang terbaik". Ridwan Kamil berharap masjid tersebut menjadi tempat yang mulia.

BACA JUGA:Masjid 99 Kubah Makassar Karya Ridwan Kamil Masuk Jajaran Masjid Terindah Dunia

2. Masjid Apung Al Jabbar

Masjid terapung Al Jabbar adalah ikon baru provinsi Jawa Barat. Masjid berbentuk unik yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil ini terletak di Kelurahan Cimerang, Kecamatan Gedebage, Bandung. 

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2017. Ridwan Kamil mengklaim bahwa ini adalah karya arsitekturnya yang paling istimewa dibandingkan dengan masjid-masjid lain yang pernah ia rancang.

3. Masjid Jami'e Darussalam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: