5 Tips Praktis ini Mencakup Dasar-dasar Pola Makan Sehat

5 Tips Praktis ini Mencakup Dasar-dasar Pola Makan Sehat

ilustrasi makanan sehat--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Kunci dari pola makan sehat adalah mengonsumsi jumlah kalori yang tepat untuk aktivitas Anda dan menyeimbangkan energi yang Anda gunakan dan bakar.

Jika Anda makan atau minum lebih banyak dari yang Anda butuhkan, berat badan Anda akan bertambah karena energi yang tidak terpakai akan disimpan sebagai lemak. Jika Anda makan sehat dan minum lebih sedikit, berat badan Anda akan turun.

Anda juga perlu makan sehat, makanan yang seimbang dan makan berbagai macam makanan untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Pria disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2.500 kilokalori (10.500 kilojoule) per hari. Wanita harus mengonsumsi sekitar 2.000 kilokalori (8.400 kilojoule) per hari.

1. Diet harus terdiri dari karbohidrat bertepung dengan kandungan serat yang tinggi.

Karbohidrat bertepung harus menjadi sepertiga dari makanan. Ini termasuk kentang, roti, nasi, pasta, dan sereal. Pilihlah makanan yang kaya serat seperti pasta gandum utuh, beras merah, dan kentang kupas. Makanan ini mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat putih atau karbohidrat olahan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Dietmu Sehari-hari

2. Makan banyak buah dan sayuran

Anda disarankan untuk makan setidaknya lima porsi berbagai macam buah dan sayuran setiap hari. Buah dan sayuran ini dapat berupa buah segar, beku, kalengan, kering, atau dalam bentuk jus.

Mendapatkan lima porsi sehari lebih mudah daripada kedengarannya. Coba taruh sepotong pisang di atas bubur sarapan Anda atau ganti camilan pagi Anda dengan buah segar. Satu porsi buah atau sayuran segar, kalengan atau beku adalah 80g. 30g buah kering (paling baik dimakan bersama makanan).

3. Makan lebih banyak ikan.

Ikan adalah sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Cobalah untuk makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, setidaknya satu di antaranya harus berminyak. Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu mencegah penyakit jantung.

4. Kurangi lemak jenuh 

Anda harus memiliki beberapa lemak dalam makanan Anda, tetapi penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak. Ada dua jenis lemak utama: asam lemak jenuh dan tak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: