Mahasiswa PMM 3 Unand Sukses Selenggarakan Gebyar Kolaborasi Nusantara

Mahasiswa PMM 3 Unand Sukses Selenggarakan Gebyar Kolaborasi Nusantara

Potret Mahasiswa PMM 3 dari Seluruh kampus di Sumatra Barat yang menghadiri acara Gebyar Kolaborasi Nusantara (Gelora) di Universitas Andalas-Foto PMM 3 Unand-

INFORADAR.ID - Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Inbound Universitas Andalas sukses selenggarakan Gebyar Kolaborasi Nusantara (Gelora) dengan mengangkat tema 'Pahlawan Nusantara'. Kegiatan tersebut berlangsung di Convention Hall Universitas Andalas pada hari Kamis 14 Desember 2023.

Pada acara Gelora tersebut diisi dengan penampilan banyak kolaborasi nusantara diantaranya mulai dari Grand Opening seperti penampilan video singkat (cuplikan modul nusantara) mahasiswa PMM 3 inbound Universitas Andalas, Tarian dari 7 pulau yang ada di Nusantara, penampilan fashion show, hingga drama dan diakhiri dengan bernyanyi bersama dan berfoto bersama.

Ketua Pelaksana kegiatan Gebyar Kolaborasi Nusantara (Gelora) PMM 3 Unand, Fariz Diansyah Rizki, mengatakan bahwa tujuan diadakan nya pentas seni Gelora ini adalah untuk menampilkan keindahan dan keunikan tarian dan musik dari berbagai daerah diseluruh penjuru Nusantara.

"Sesuai dengan tema yang saya bawa yaitu “Pahlawan Nusantara” saya ingin teman-teman untuk mengusungkan nilai-nilai keragaman budaya dan sejarah Indonesia serta peran penting individu-individu ini dalam membentuk nasionalisme dan kesatuan bangsa di seluruh kepulauan Nusantara. Dengan lebih mengenal daerahnya dan menjadi pahlawan bagi daerahnya masing-masing dengan bertujuan untuk menyatukan nusantara,"tutur Fariz.

Fariz juga mengatakan bahwa persiapan untuk menggelar acara besar ini relatif cukup singkat, namun  walaupun dengan persiapan yang singkat tersebut dapat menampilkan penampilan yang membuat penonton terhibur dan bergembira layaknya festival budaya pada umumnya.

"Persiapan kira sangat singkat. Kurang lebih dari 3 minggu. Akan tetapi, dengan kepercayaan dan kerjasama teman-teman semuanya kita bisa maksimalkan semuanya, rangkaian kegiatan yang dirancang itu unggulan. Akan tetapi, penampilan 7 pulau besar di indonesia itu menjadi penampilan yang paling berkesan,"ujarnya.

Kepala Suku PMM 3 Inbound Universitas Andalas, Zaki Muhammad Zain, menuturkan bahwa penampilan-penampilan yang ada pada acara Gelora kemarin sangat menunjukkan bahwa banyaknya budaya yang ada di Indonesia, Budaya Indonesia yang sangat luar biasa.

"Walaupun kami memiliki latarbelakang yang berbeda, memiliki keberagaman yang ada, baik keberagaman suku, ras, agama dan sosial, tidak menghalangi kami sebagai Mahasiswa Indonesia yang mengedepankan Bhineka Tunggal Ika untuk bisa bersatu padu menjadi kesatuan, keutuhan, dan keharmonisan,"ucap Kepala Suku PMM 3 Inbound Unand saat diwawancarai.

Tak hanya itu peserta yang terlibat dalam menampilkan budaya asal daerahnya, Ketut Meta Gayatri, mengungkapkan hal yang senada dengan kepala suku bahwa pagelaran Gelora yang diselenggarakan Mahasiswa PMM 3 Inbound Unand sangat mencirikan perbedaan budaya Indonesia.

"Jujur sebagai penampil merinding dengan antusias teman-teman mengikuti acara dari awal sampai akhir. Untuk panitia juga tidak kalah keren, mampu mengatasi masalah dengan cepat dan sangat bertanggung jawab dengan acara.Kegiatan gelora kemarin pasti akan selalu terkenang sampai kapanpun,"ungkapnya.

Salah satu penonton dari Mahasiswa PMM 3 Inbound Unand, Alvito Mamengko, juga memberikan tanggapan nya tentang acara tersebut yang menurutnya dengan adanya pentas seni Gelora ini dapat mengenal keragaman adat budaya dari seluruh penjuru nusantara.

"Menurut saya sebagai peserta (penonton) Gebyar Kolaborasi Nusantara (GELORA) kegiatan ini merupakan suatu wadah memperkenalkan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. selain itu, dengan adanya program ini diharapkan dapat memupuk Rasa persaudaraan serta toleransi adat, budaya serta agama walaupun terlahir dari berbagai macam latar belakang yang berbeda,"ujarnya.

Dalam pagelaran pentas seni Gebyar Kolaborasi Nusantara (Gelora) ini juga terbuka untuk masyarakat umum untuk menyaksikan nya. Bahkan hampir seluruh Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PMM dari berbagai kampus di Sumatra Barat pun turut menghadiri acara Gelora tersebut.

Mahasiswa PMM 3 Inbound Universitas Negeri Padang (UNP), Reza yang menghadiri acara Gelora tersebut tak luput juga memberikan tanggapan review nya tentang acara Gelora yang diadakan oleh Mahasiswa PMM 3 Inbound Unand. Ia mengatakan bahwa acaranya seru dan sangat berasa euphoria nusantara nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: