Tips Menjaga Kebugaran Tubuh di Musim Pancaroba

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh di Musim Pancaroba

Ilustrasi wanita saat berolahraga-Istock-

INFORADAR.ID - Ditengah cuaca yang masih belum menentu, terkadang panas dan hujan atau biasa disebut dengan musim pancaroba, penting sekali untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Pasalnya, ditengah musim yang tidak menentu tersebut, tubuh akan rentan sekali terserang berbagai macam penyakit, seperti flu, datuk dan demam. 

Selain karena sumber penyakit seperti virus dan bakteri mudah berkembang biak, juga karena tubuh sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca di musim pancaroba. 

Tentunya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar kebugaran tubuh tetapi terjaga di musim yang tidak menentu ini, seperti diantaranya :

1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Salah stau cara yang dapat dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. 

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan ialah dengan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, hindari ancaman kuman pada tempat-tempat kotor, dan jangan berbagi peralatan makan atau minum dengan orang lain.

Selain itu, rutin membersihkan rumah juga menjadi salah satu hal yang ampuh untukenkaga lingkungan agar tetap bersih. 

2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi 

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar tentunya dengan memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satunya ialah dengan memperbanyak mengkonsumsi  buah dan sayur, makan makanan yang mengandung vitamin C dan E, serta jangan lupa minum air putih yang cukup.

BACA JUGA:Bukan Hanya Menghangatkan Tubuh, Ternyata Ini Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

3. Istirahat yang cukup. 

Salah satu kebutuhan tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga kebugaran ialah dengan melakukan intirahat yang cukup. 

Tentunya, jangan sampai kurang tidur, pastikan tidur yang cukup dan berkualitas agar tubuh bisa beristirahat dengan baik. Hindari begadang apabila tidak dibutuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: