Lakukan Tips Berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Lakukan Tips Berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

potret seseorang yang sedang melakukan pemeriksaan mata--Freepik @stefamerpik

INFORADAR.ID - Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu bentuk rasa syukur. Tuhan memberi penglihatan tanpa membayarnya, itu adalah kewajiban setiap orang yang harus menjaga kesehatan mata. Kebutuhan untuk memfokuskan penglihatan mata sangat diperlukan, karena generasi muda memiliki aktivitas yang lebih padat dan energik. Apalagi sekarang, ketika kita hidup di era yang kompleks berbasis teknologi informasi.

Modernisasi peradaban modern, yang dimulai pada era 4.0, melibatkan peralihan berbagai jenis aktivitas menggunakan perangkat lunak. Hampir setengah hari, orang-orang berusia dari anak-anak hingga orang tua melihat layar perangkat komputer dan televisi. Hal ini tentunya berdampak positif dan negatif bagi kesehatan mata seseorang.

Tentu saja, paparan layar yang terlalu lama berbahaya bagi kesehatan mata. Banyak penyakit mata terjadi ketika orang tidak dapat mengatur jam kerja mereka. Untuk mengurangi atau mencegah penyakit mata, diperlukan kesadaran, pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan penerapan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata :

1. Jangan memakai lensa lebih dari 19 jam

Alangkah baiknya menggunakan lensa kontak, tetapi jangan menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam dengan perawatan dan pemasangan yang tepat sesuai anjuran. Penggunaan jangka panjang dapat membahayakan mata dan menyebabkan kerusakan permanen. Agar nyaman dipakai, sangat disarankan juga untuk memilih lensa kontak berkualitas tinggi.

2. Memakai kacamata untuk melindungi dari radiasi

Kacamata anti radiasi adalah alat pelindung penglihatan yang dirancang khusus untuk meminimalkan atau mencegah penetrasi radiasi dari layar komputer, ponsel, bahkan sinar matahari.

BACA JUGA:Manfaat Wortel Kaya Akan Vitamin Baik Untuk Kesehatan Mata Anda

Ini mungkin terlihat pada pandangan pertama, jadi Anda harus berhati-hati saat membeli-fisika proteksi radiasi umumnya mirip dengan fisika kacamata. Selain itu, pastikan juga bentuk kacamata yang Anda gunakan sesuai dengan bentuk mata Anda agar nyaman digunakan saat berolahraga.

3. Lakukan peregangan mata

Saat kita berada di depan layar dalam waktu yang lama, kita perlu istirahat sejenak. Alangkah baiknya, setiap 2 atau 3 jam Anda harus segera berhenti dan meregangkan mata. Contoh peregangan dan senam mata yang bisa dilakukan adalah memijat wajah, sedikit memejamkan mata, menggerakkan bola mata atau meliriknya.

4. Makan buah-buahan dan sayuran

Makan buah dan sayur memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan mata. Buah-buahan yang mengandung vitamin A dan vitamin C, seperti tomat, dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: