Perbedaan Gadis Kretek Versi Novel dan Series Lebih Seru Mana?

Perbedaan Gadis Kretek Versi Novel dan Series Lebih Seru Mana?

Perbedaan Gadis Kretek Versi Novel dan Series Lebih Seru Mana?--instagram @bukugpu

INFORADAR.ID - Sebagai pembaca tentunya pertanyaan seperti versi novel atau versi movie sudah tak asing lagi, sama seperti seri Netflix Gadis Kretek.

Seri Gadis Kretek yang baru tayang pada awal November 2023 lalu mendapatkan banyak pujian kepada Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Terlebih peran aktor dan aktris tanah air yang sudah tak diragukan lagi membuat seri Gadis Kretek meraih banyak nominasi.

Seri yang diadaptasi dari Novel Ratih Kumala yang rilis pada 2012 yang berhasil masuk dalam 10 besar penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012.

Novel setebal 274 halaman itu bercerita tentang perjalanan sekaligus histori bisnis pabrik kretek di suatu kota Pulau Jawa.

Premis yang menarik dari Novel Gadis Kretek menggugah siapun untuk membaca buku ini yang berhasil menarik perhatian Netflix untuk diangkat menjadi series.

Lalu pertanyaanya, mana yang lebih seru Gadis Kretek versi novel atau series?

Perbedaan Gadis Kretek versi Novel dan Series

Timeline Cerita: Sejarah Kretek, Indonesia, dan Persaingan Idroes Moeria vs Soedjagad

Gadis Kretek novel memiliki waktu kisah yang lebih lama dari versi series.

Jika versi series, langsung fokus pada kisah Jeng Yah saat ini dewasa dan bertemu dengan Soeraja, dalam versi novel, kamu akan lebih fokus pada masa muda sang ayah, Idroes Moeria.

Idroes Moeria telah terobsesi dengan Roemaisa sejak dia berusia remaja. Namun perbedaan kelas telah menjadi penghalang bagi mereka. Idroes Moeria adalah karyawan sederhana dari perusahaan klobot milik Pak Trisno, dan Roemaisa adalah putra seorang juru tulis. 

Dia tidak hanya menghadapi kesulitan kasta, tetapi rekan seperjalanannya pelinting klobot Idroes juga menaruh hatinya pada seorang gadis pendiam dan cantik ialah Soejagad.

Dalam novel tersebut, terlihat lebih detail persaingan antara Idroes Moeria dan Soejagad. Perjuangan merebut hati Roemaisa berubah menjadi persaingan bisnis yang sengit, dimulai dengan penjualan klobot tingwe samoai masing-masing memiliki perusahaan tembakau kretek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: