Terapkan Tips Menabung Ala Orang Jepang Ini, Agar Kamu Tidak Boros

Terapkan Tips Menabung Ala Orang Jepang Ini, Agar Kamu Tidak Boros

ilustrasi seseorang yang sedang menabung--Freepik @drobotdean

INFORADAR.ID - Menabung adalah bagian penting dalam menjaga keamanan finansial. Namun, banyak orang yang bingung bagaimana cara Menabung yang benar. Anda harus dapat menyesuaikan metode Menabung Anda sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Dengan cara ini, Menabung bisa menjadi hal yang menyenangkan dan mudah.

Meski terdengar sederhana, tidak semua orang bisa mengembangkan kebiasaan Menabung secara disiplin dan teratur. Padahal, mengembangkan kebiasaan ini akan membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih hemat, konsisten dan bijak.

Namun, pada kenyataannya, selalu ada godaan untuk membelanjakan uang untuk kesenangan tertentu. Itulah mengapa kita harus mengadopsi kebiasaan orang Jepang dalam Menabung uang mereka, yang terkenal dengan gaya hidup hemat dan tahu bagaimana cara meminimalisir pengeluaran.

berikut ini Cara-cara orang Jepang untuk menghemat uang

1. Catat semua pendapatan Anda

Catat semua pemasukan setiap awal bulan, baik pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun pemasukan tambahan.

2. Lakukan transaksi tunai.

Menggunakan kartu debit atau kartu kredit sering kali menyulitkan Anda untuk melacak berapa banyak yang Anda belanjakan.

BACA JUGA:7 Tips Menabung yang Bisa Kamu Mulai Dari Sekarang, Biar Hidup Lebih Tentram

3. Buatlah pengingat di dompet Anda

Salah satu trik menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang adalah dengan menaruh catatan pengingat di dompet Anda: "Apakah Anda benar-benar membutuhkan barang ini".

4. Tunggu 24 jam sebelum membeli barang

Orang Jepang biasanya berpikir lama sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Berpikirlah setidaknya selama satu hari untuk menentukan apakah barang tersebut hanya sekedar keinginan atau kebutuhan.

5. Sering-seringlah memeriksa saldo rekening Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: