Mau Coba Freestyle Menggunakan Sepeda BMX? Simak Tipsnnya

Mau Coba Freestyle Menggunakan Sepeda BMX? Simak Tipsnnya

Salah satu pesepeda BMX asal Kota Serang saat melakukan trick menggunakan Sepeda BMX.-Eko Fajar-

INFORADAR.ID - Ingin mencoba freestyle menggunakan sepeda BMX?Sebagian orang mungkin jarang menggunakan sepeda ini, karena memang kebanyakan sepeda BMX hanya digunakan anak-anak muda untuk melakukan berbagai trik atau mengikuti lomba.

Sepeda BMX merupakan salah satu jenis sepeda yang digunakan untuk perlombaan kecepatan dan akrobatik. Karena tergolong olahraga yang susah dan berisiko besar, BMX banyak dimainkan olah anak-anak muda, yang suka dengan adrenalin dan tantangan.

Tiap tahun sepeda BMX peminatnya terus bertambah, akan tetapi para pemula banyak yang belum memahami betul bagaimana langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat pertama kali mencoba.

Biar kamu gak salah, berikut ini ada lima tips mudah bermain sepeda BMX bagi pemula. Apa saja?

1. Siapkan sepeda dan perlengkapan pendukung

Sudah pasti sebelum mencoba olahraga BMX kalian perlu menyiapkan sepeda dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya. Sebagai standar kemanan kalian wajib menggunakan helm, sepatu, pelindung siku dan lutut, serta kaus tangan. Akan tetapi hal-hal tersebut sering kali dilupakan oleh pemain BMX karena merasa sudah ahli, padahal hal itu sangat berbahaya.

2. Tentukan trek yang akan digunakan

Ada 2 jenis permainan dalam BMX, yaitu kecepatan dan akrobatik. Untuk kecepatan biasanya menggunakan medan tanah seperti trek motor trail, yang memiliki gundukan-gundukan. Sementara, untuk BMX akrobatik medan atau trek yang digunakan adalah paving atau jalan yang biasanya dipakai untuk skateboarding. Sebelum kalian mencoba, alangkah baiknya kalian menentukan dulu jenis BMX dan medan apa yang bakal kalian pilih.

3. Lakukan latihan secara rutin agar terbiasa

Semakin sering kalian berlatih maka kemampuan kalian untuk melakukan atraksi akrobatik ataupun balapan akan semakin terasah dengan baik. Bukan tidak mungkin kalian juga bisa meraih prestasi dalam ajang BMX, apabila kalian rajin untuk berlatih. Bila kalian sudah makin mahir, sangat memungkinkan untuk bertanding di kejuaraan, baik skala nasional atau internasional.

4. Belajar melakukan trik-trik sederhana

Pada permulaan mencoba BMX jangan terobsesi atau berkeinginan langsung bisa mencoba banyak gerakan akrobatik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Awali permainan BMX kalian dengan menjaga keseimbangan, membentuk chemistry dengan sepeda dan lintasan dan mulai mencoba trik-trik sederhana. Trik-trik sulit akan bisa dilakukan apabila trik sederhana sudah kalian kuasai dengan betul. 

5. Lakukan latihan bersama teman atau pelatih yang berpengalaman

Ketika memulai BMX usahakan kalian mengajak teman atau pelatih yang berpengalaman. Hal itu menjadi penting karena, bagi pemula kalian amat butuh arahan dan bimbingan agar ketika bermain BMX benar-benar sesaui dengan aturan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: