Mahasiswa BKI UIN Banten Lakukan Penyuluhan Seks di SDN Cilampang

Mahasiswa BKI UIN Banten Lakukan Penyuluhan Seks di SDN Cilampang

Mahasiswa BKI UIN Banten bersama Siswa SDN Cilampang.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, melakukan penyuluhan seks pada siswa SDN Cilampang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten pada Kamis, 9 November 2023.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap tingginya tingkat pelecehan seksual pada anak, sebanyak 10 mahasiswa BKI UIN Banten memberikan edukasi seks kepada 50 siswa SDN Cilampang.

Kedatangan mahasiswa UIN Banten disambut hangat oleh Guru hingga siswa SDN Cilampang. Tidak hanya itu, Penyuluhan seks juga didampingi oleh Dosen pengampu mata kuliah penyuluhan sosial BKI UIN Banten.

Dalam penyuluhan tersebut, mahasiswa UIN Banten memberikan penjelasan mengenai pentingnya pendidikan seks bagi anak-anak. Pendidikan seks juga dapat membantu anak-anak untuk memahami tubuh mereka sendiri, sehingga mereka dapat melindungi diri dari maraknya pelecehan seksual yang telah terjadi.

Selain menjelaskan mengenai organ-organ reproduksi, serta fungsinya, mahasiswa UIN Banten juga menjelaskan mengenai pubertas, serta perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh anak saat pubertas.

Salah satu pemateri penyuluhan seks Alika Mala Agnia mengatakan, jika masa pubertas menjadi masa yang penting diketahui oleh anak-anak.

"Pubertas merupakan masa yang penting bagi anak-anak, pada masa pubertas, tubuh anak akan mengalami perubahan-perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk memahami perubahan-perubahan tersebut,” ujar Alika dalam forum penyuluhan seks.

Selama penyuluhan dilakukan, siswa SDN Cilampang begitu antusias memahami pemaparan dari pemateri. Siswa SDN Cilampang juga turut memberikan pertanyaan dengan penuh antusias.

Salah satu siswa SDN Cilampang Anisa mengungkapkan, setelah mengikuti penyuluhan seks, dirinya semakin tahu cara untuk melindungi diri dari kekerasan seksual.

"Senang, saya jadi tahu bagaimana cara agar dapat melindungi diri kita dari kekerasan seksual dan membuat kita menjadi lebih waspada dengan keadaan sekitar," Ujar Anisa setelah mengikuti penyuluhan seks.

Penyuluhan sosial mengenai seks education di SD Negeri Cilampang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa UIN Banten terhadap pendidikan seks bagi anak-anak.

Salah satu mahasiswa BKI UIN Banten Holifah Zahra berharap, penyuluhan seks akan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi bagi anak-anak mengenai seks education.  Selain itu penyuluhan yang dilakukan juga bisa menanamkan pemikiran bahwa seks education juga penting diketahui oleh anak-anak.

“Kami berharap siswa siswi sekolah dasar lebih mengenali diri mereka dan bisa menjaga diri mereka sendiri ketika jauh dari pantauan orang dewasa,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: