Hindari 7 Kebiasaan Ini Karena Bikin Otak Jadi Lemot

Hindari 7 Kebiasaan Ini Karena Bikin Otak Jadi Lemot

ilustrasi seseorang dengan otak yang lambat--Freepik @stockking

INFORADAR.ID - Otak adalah sistem biologis yang paling kompleks dan membantu mengendalikan semua fungsi tubuh manusia. Oleh karena itu, Otak perlu dijaga agar tetap fit dan terjaga kesehatannya. 

Karena jika Otak sebagai organ mengalami kerusakan, maka akan timbul masalah pada organ tubuh lainnya. Tidak hanya usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, dan makanan juga memiliki dampak yang signifikan terhadap fungsi otak.

Penting untuk mengombinasikan aktivitas yang seimbang dengan nutrisi dalam makanan untuk menjaga kesehatan otak. Jadi apa saja yang dapat melemahkan atau memperlambat Otak anda? 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar otak tetap bekerja dan tidak memperlambatnya.

1. Stres dan tidak memiliki tujuan hidup

Stres adalah kondisi yang sangat sensitif karena dapat merusak fungsi otak dan memicu penurunan kemampuan belajar dan daya ingat. Perbaiki suasana hati Anda secara teratur dengan menceritakan masalah Anda sebanyak mungkin, tidak menyalahkan diri sendiri dan melakukan hal-hal positif.

Jika Anda merasa tidak memiliki tujuan, bantu otak Anda dengan mengambil tanggung jawab baru. Gunakan waktu Anda untuk menemukan peluang baru, seperti proyek yang menarik, menjadi sukarelawan, atau bepergian.

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea Mengasah Otak Sekaligus Menambah Kecerdasan

2. Berbaring sepanjang hari

Salah satu kebiasaan yang berkembang selama pandemi adalah kebiasaan berbaring sepanjang hari tanpa menggerakkan tubuh. Hal ini tidak baik untuk kesehatan otak. Scott Schreiber, spesialis rehabilitasi fisik dan direktur MN Spine and Sports Clinic, menyarankan untuk menghindari kebiasaan ini dengan mencoba aktivitas baru atau mencari tantangan lain.

3. Kurang tidur.

Kebiasaan kurang tidur juga biasa dialami oleh anak-anak di bawah usia 25 tahun, yang menyebabkan kurang tidur. Kurang tidur mempengaruhi fungsi otak, yang menyebabkan rasa kantuk dan mudah lupa. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama, hal ini juga dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk.

4. Kekurangan cairan

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air dan oleh karena itu membutuhkan asupan cairan yang cukup. Untuk mencegah dehidrasi, biasakan minum air putih, misalnya dengan membawa botol minum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: