Deretan Pahlawan Kemerdekaan yang Mengukir Sejarah di Banten

Deretan Pahlawan Kemerdekaan yang Mengukir Sejarah di Banten

Pahlawan asal Banten--Youtube/ Vebiku channel

INFORADAR.ID - Banten, selain sebagai provinsi yang kaya akan keindahan alam dan budaya, juga memiliki warisan pahlawan kemerdekaan yang berperan penting dalam perjuangan melawan penjajahan. 

Pahlawan di Banten memiliki peran yang penting dalam upaya kemerdekaan indonesia. Sebagai orang Banten maka kita harus menghormati jasa-jasanya dengan mengetahui sejarahnya dan mendoakan kebaikan-kebaikan.

Pada artikel ini, penulis akan menyajikan secara detail deretan pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Banten yang wajib kamu ketahui, berikut penjelasannya.

1. Raden Hasanuddin

Raden Hasanuddin adalah pahlawan dari Pandeglang, Banten. Beliau ikut serta dalam perjuangan dalam melawan penjajah. Beliau terlibat dalam aksi perlawanan dan memberikan inspirasi bagi generasi pahlawan selanjutnya.

2. Raden Saleh Suta Kandias

Raden Saleh Suta Kandias adalah pahlawan nasional asal Banten yang terlibat dalam pertempuran melawan Belanda. Ia dikenal sebagai salah satu pejuang kemerdekaan yang gigih dan berani.

BACA JUGA:Ini Dia Pantai-pantai di Anyer yang Bisa Jadi Pilihan untuk Liburan Seru Bersama Keluarga

3. Pangeran Natakusumah

Pangeran Natakusumah juga dikenal sebagai Sultan Ageng Tirtayasa merupakan pemimpin Banten yang memainkan peran besar dalam perlawanan melawan Belanda.

4. Pangeran Cakra Buana

Pangeran Cakra Buana adalah salah satu pemimpin perlawanan melawan penjajah Belanda pada abad ke-19. Bersama dengan Pangeran Natakusumah dan Pangeran Sambernyawa, Beliau giat memerangi kolonisasi.

5. Pangeran Sumbernyawa

Pangeran Sumbernyawa atau Raden Ayu Matawijaya adalah salah satu pahlawan yang ikut berperan dalam perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Banten pada abad ke 19. 

6. Syech Yusuf Martadiredja

beliau dikenal juga sebagai Syech Yusuf al-Makassari. Beliau adalah seorang Ulama dan pejuang kemerdekaan yang lahir di Makassar. Syeikh Yusuf memimpin perlawanan melawan belanda di Banten dan menjadi salah satu pemimpin dalam pemberontakan besar yang dikenal sebagai pemberontakan Trunojoyo

7. Brigjen KH Syam’un

KH Syam’un bin H Alwiyan adalah pendiri perguruan Tinggi Islam Al-Khairiyah Citangkil, Desa Wanasari Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon Banten.

Itulah deretan tokoh pahlawan Banten yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat.(*)

BACA JUGA:6 Hal Menarik dari Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: