Rahasia Jadi Barista Berbakat, Hasrat dan Petualangan Kopi yang Memikat

Rahasia Jadi Barista Berbakat, Hasrat dan Petualangan Kopi yang Memikat

Barista sedang membuat racikan kopi menghayati kopi dengan penuh rasa hati-Moch Madani Prasetia-

INFORADAR.ID – Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seorang barista jika mereka bersedia, namun, semangat dan hasrat yang kuat diperlukan agar seseorang dapat menjadi barista yang benar-benar berbakat, Selasa 7 November 2023.

Meskipun sering ditanya, "Bagaimana cara menjadi seorang barista?" tetapi saya bukan seorang barista. Saat ditanya pertanyaan ini, jawaban saya bervariasi, namun satu hal yang pasti adalah bahwa hasrat adalah kuncinya. 

Menjadi seorang barista bukanlah hanya sebuah pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan, melainkan sebuah panggilan. Sebelum seseorang dapat menjadi barista yang handal, mereka harus jatuh cinta pada dunia kopi terlebih dahulu. 

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips awal tentang bagaimana memulai perjalanan menjadi seorang barista. Artikel ini didasarkan pada wawancara saya dengan barista berpengalaman yang telah terperangkap dalam pesona dunia kopi.

*Memahami Kopi dan Semua Hal Terkaitnya*

Sekolah kebaristaan bukanlah satu-satunya pintu menuju profesi barista yang sukses. Jika Anda sungguh-sungguh ingin menjadi seorang barista, langkah awal yang penting adalah memahami kopi, yang merupakan esensi dari dunia kebaristaan. 

Seorang teman barista yang telah meraih berbagai prestasi dalam bidang kebaristaan memberikan nasihat berharga, sebelum menjadi seorang barista, pelajari segala hal tentang kopi. Ini termasuk mengenal berbagai jenis kopi, memahami proses pengolahan kopi, dan menguasai berbagai menu kopi yang menjadi hasil akhir dari perjalanan panjang kopi itu sendiri.

Mencari Ilmu dari Berbagai Sumber

Kita memiliki kemudahan untuk mengakses ilmu melalui internet dan koneksi dengan teman-teman. Sebelum memutuskan untuk resmi bergabung dengan lembaga kebaristaan, ada baiknya memulai dengan belajar cara menyeduh kopi sendiri melalui sumber-sumber seperti buku, internet, atau berbagi pengalaman dengan sesama pecinta kopi. 

Dengan begitu, sebelum memasuki "kelas kopi" resmi, anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup dan tidak datang dengan pikiran kosong. Jangan ragu untuk mencoba dan bertanya. Salah satu cara terbaik untuk berlatih adalah dengan berdiskusi, lakukan ini berulang kali tanpa henti.

Memilih Kelas Barista yang Tepat

Terdapat banyak pilihan kelas barista yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan pengetahuan tentang kopi. Sekolah-sekolah terkemuka seperti Esperto, ABCD Coffee, Casswell, dan banyak lainnya, dapat menjadi pilihan "sekolah" yang akan memberikan pendidikan tentang kebaristaan. 

Jika Anda menginginkan pengetahuan yang lebih luas, Anda bahkan bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kelas di luar negeri atau langsung pergi ke Melbourne, pusat kopi yang terkenal. 

Namun, di manapun anda memilih untuk belajar, hal yang paling penting adalah memiliki hasrat, niat, dan semangat yang kuat. Karena apa gunanya menghadiri sekolah yang bagus jika Anda tidak memiliki tekad yang kuat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: