Wanita Harus Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Ini

Wanita Harus Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Ini

ilustrasi seorang wanita yang sedang melakukan pemeriksaan ke dokter--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Menjaga kesehatan tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan usaha dan perhatian. Salah satu elemen terpenting dalam menjaga kesehatan wanita adalah pemeriksaan kesehatan secara teratur. 

Hal ini berguna untuk mendeteksi potensi masalah kesehatan sedini mungkin. Khususnya bagi kaum wanita, Karena wanita memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai penyakit dibandingkan pria. Mari kita lihat di bawah ini mengenai pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan oleh wanita.

Pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan wanita dapat berubah seiring bertambahnya usia. Namun, sekali mereka melakukan pemeriksaan, mereka mungkin akan membutuhkan pemeriksaan rutin di masa depan. Berikut ini adalah beberapa pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan wanita di berbagai usia:

Berikut ini pemeriksaan yang harus rutin dilakukan oleh setiap wanita 

1. Kulit

Periksakan kulit Anda setidaknya sebulan sekali untuk mencegah kanker kulit dan penyakit kulit lainnya.

2. Payudara

Sangat penting bagi semua wanita untuk memeriksakan payudara mereka. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan, beberapa hari setelah menstruasi! Kenali bentuk payudara dan catat setiap kelainan seperti pembengkakan, benjolan, rasa sakit atau kemerahan.

3. Denyut nadi

Memantau denyut nadi Anda adalah cara sederhana untuk mengetahui kondisi sistem kardiovaskular Anda. Ingatlah untuk mengukur denyut nadi Anda secara teratur setelah beristirahat atau beraktivitas fisik.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, 6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita Terutama Area Miss V

4. Pap smear (Tes Pap)

Pap smear adalah tes untuk mendeteksi perubahan pada sel-sel serviks yang dapat mengindikasikan kanker serviks atau kondisi prakanker. Tes ini juga mencakup pemeriksaan panggul dan organ reproduksi wanita, termasuk vulva, vagina, dan leher rahim.

5. Panggul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: