Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Jika Kamu Mengonsumsi Cuka Apel

Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Jika Kamu Mengonsumsi Cuka Apel

ilustrasi cuka apel yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan--freepik @jcomp

INFORADAR.ID - Cuka apel adalah bahan herbal yang terbuat dari sari apel dan ragi yang difermentasi. Selama proses fermentasi, cuka apel diketahui mengandung bakteri probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Salah satu manfaat cuka apel yang terkenal adalah membantu menurunkan berat badan. Ini karena asam asetat dalam cuka sari apel meningkatkan enzim AMPK, yang mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh.

Proses fermentasi dan produksi cuka sari apel meninggalkan banyak komponen lain. Ini termasuk asam asetat, asam gallic, dan katekin. Manfaat kesehatan dari cuka sari apel disebabkan oleh bahan-bahan yang dihasilkan selama proses produksi.

Cuka apel bersifat sangat asam dan harus dilarutkan dalam air untuk mencegah kerusakan pada saluran pencernaan dan email gigi. Disarankan untuk melarutkan cuka sari apel dalam segelas air dengan perbandingan 1:10.

Berikut ini manfaat yang kana kamu rasakan jika kamu mengonsumsi cuka apel

1. Mengontrol kadar gula darah

Cuka sari apel meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin, yang mengubah glukosa menjadi energi, dan memperlambat pelepasan gula dari makanan di dalam tubuh.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Gak Suku Apel, Kamu Wajib Coba Jenis-Jenis Apel Berikut Ini dan Kamu Akan Merasakan Manfaatnya

2. Membantu menurunkan berat badan

Cuka sari apel membantu menurunkan berat badan dengan mengoptimalkan produksi enzim AMPK, yang terlibat dalam proses pembakaran lemak tubuh. Namun, mengonsumsi cuka sari apel untuk menurunkan berat badan harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

3. Menjaga kesehatan jantung

Cuka sari apel mengandung asam asetat dan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol darah dan meminimalkan risiko tekanan darah tinggi.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Probiotik dalam produk ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, karena mengandung probiotik yang menjaga keseimbangan mikroflora usus. Selain meredakan sembelit, cuka sari apel juga efektif untuk mengatasi diare karena kandungan pektinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: