5 Cara Efektif Meredam Emosi Agar Tidak Meluap-Luap

5 Cara Efektif Meredam Emosi Agar Tidak Meluap-Luap

Potret seorang yangsedang marah dan mengekspresikannya dengan berteriak.-freepik/@benzoix-

INFORADAR.ID – Begini cara efektif untuk kamu yang mudah tersulut emosi agar bisa teredam dengan baik.

Marah menjadi salah satu penyebab hilangnya mood di mana emosi tidak akan terkontrol dengan baik, sehingga akan sangat buruk bagi kondisi lingkungan dan kesehatanmu.

Emosi yang tidak terkontrol dengan baik, mampu berdampak terhadap berbagai situasi di mana setelah kamu meluapkan emosi kamu dengan cara yang brutal, nantinya kamu akan merasa bersalah atas apa yang kamu lakukan.

sebaiknya, kamu bisa meredam emosi kamu terlebih dahulu, jangan sampai kamu main meluapkan emosimu saja, di mana itu tentunya akan sangat buruk bagi kondisi kamu sendiri dan juga bagi lingkunganmu.

BACA JUGA:Lakukan 5 Hal ini Agar Kamu Bisa Kontrol Amarahmu dengan Baik

Berikut merupakan beberapa cara agar kamu bisa meredam emosi kamu agar tidak meluap-luap tanpa arah:

1. Tenangkan Diri

Ketika kamu sudah mulai merasakan kemarahan ada di dalam diri kamu, cobalah tenangkan dengan menarik nafas secara mendalam, kemudian hembuskan secara perlahan.

Ucapkan kata-kata positif sambil menarik nafas, kamu bisa mengucapkan “tenang” atau “sabar”. Ulangi hingga beberapa kali sampai kamu merasa tenang dan amarah kamu mereda. 

2. Temukan Penyebab Marah

Ini merupakan tahapan terpenting, di mana kamu harus meluangkan waktu beberapa saat untuk mencari tahu penyebab kemarahan yang kamu miliki dengan memeriksa suasana hati, sehingga kamu mampu mengambil alih kendali atas diri kamu sendiri.

Kamu melontarkan beberapa pertanyaan pada diri kamu sendiri, seperti:

Apa yang kamu rasakan saat ini?

Apa yang terjadi sampai kamu merasa seperti ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: