Redakan Asam Lambung Dengan Melakukan 4 Pijatan Ini

Redakan Asam Lambung Dengan Melakukan 4 Pijatan Ini

ilustrasi seseorang yang mengalami asam lambung naik--freepik @macrovector

INFORADAR.ID - Reflux asam lambung, yang secara medis dikenal sebagai GERD (penyakit reflux gastro-esofagus), adalah suatu kondisi naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan (reflux asam).

Gejala asam lambung meliputi sensasi terbakar di dada, rasa makanan tersangkut di tenggorokan, batuk kering atau sesak napas seperti asma, radang tenggorokan, gangguan tidur dan batuk kronis.

asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup di bagian bawah kerongkongan, yang memungkinkan asam lambung yang seharusnya tidak naik, naik melalui katup kerongkongan dan mengiritasi dinding kerongkongan. 

artikrl ini akan menjelaskan letak empat titik pijat untuk  asam lambung yang dapat dicoba untuk meringankan gejala ketika refluks asam lambung terjadi.

1. TITIK NEIGUAN

Memijat titik akupuntur ini dapat meredakan sesak dada, jantung berdebar, batuk, sakit perut dan peningkatan asam lambung. Cobalah memijat dengan jari-jari Anda, tongkat pijat atau buku jari yang ditekuk untuk menstimulasi titik akupuntur ini.

BACA JUGA:Stop Makan Makanan Ini Kalau Kamu Punya Riwayat Penyakit Asam Lambung, Berbahaya

Letaknya 2 cm di atas lipatan lateral pergelangan tangan. Secara rinci, titik ini terletak di antara dua tendon pergelangan tangan, sekitar tiga jari (telunjuk, jari tengah dan jari manis) dari lipatan pergelangan tangan.

2. TITIK ZU SAN LI

Titik akupunktur ini berhubungan dengan kesehatan pencernaan, memperkuat dan menyehatkan limpa dan lambung, meredakan kembung yang berhubungan dengan GERD, dan menyembuhkan gangguan usus.

Titik ini terletak di bagian luar lutut, di bawah tempurung lutut dan 1 cm di samping bagian atas tulang kering. Duduklah, tekuk kaki Anda 90 derajat, dan rentangkan empat jari ke bawah dari bagian luar sendi lutut (di luar tempurung lutut).

3. TITIK ZHONGWAN.

Titik ini juga efektif untuk melindungi dan menyembuhkan masalah perut, kembung, cegukan, kehilangan nafsu makan, gastritis, sakit maag, dan penyakit lainnya.

Letaknya di perut, di sisi kanan garis tengah, pada garis yang menghubungkan ujung bawah tulang dada dan pusar, empat jari dari pusar. Ketika berdiri atau berbaring telentang, titik tengah antara ujung bawah tulang dada dan pusar akan terasa sebagai titik pemisah pusat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: