Daun Kale dengan Sejuta Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Daun Kale dengan Sejuta Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Daun Kale Dengan segudang manfaat --Pixabay @zoosnow

INDORADAR.ID - Daun kale adalah jenis sayuran hijau dan kuning yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, kale memang tidak sepopuler sayuran hijau dan kuning lainnya, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun kale adalah salah satu sayuran superfood. Kale disebut sebagai makanan super karena banyak manfaat kesehatan yang diberikannya, termasuk peningkatan nilai gizi, pencegahan kanker, dan menurunkan kolesterol. Kale termasuk dalam keluarga sayuran silangan, yang meliputi kubis, brokoli, kembang kol, sawi, dan kubis Brussel.

Tak heran jika sayuran Daun kale yang dilabeli sebagai "superfood" ini sering dikonsumsi dalam menu diet dan pola makan sehari-hari karena kandungan vitamin dan nutrisinya yang tak main-main

Berikut ini manfaat daun Kale bagi kesehatan anda

1. Menurunkan kolesterol

Kale mengandung penghambat sekresi asam empedu, yang menurunkan kadar kolesterol. Akibatnya, hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Mengukus Kale juga meningkatkan efek pengikatan asam empedu. Selain itu, Kale kukus 43% lebih unggul daripada kolestiramin, obat penurun kolesterol yang melakukan tugas yang sama.

2. Pencegahan kanker

Kale mengandung sejumlah senyawa yang memiliki sifat anti-kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3-carbinol, zat lain yang dianggap dapat membantu mencegah kanker.

BACA JUGA:Selain Sebagai Lalapan, Ternyata Daun Pegagan Juga Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

3. Penurunan berat badan.

Kale rendah kalori dan tinggi kandungan air serta rendah kepadatan energi. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang rendah telah terbukti dalam banyak penelitian dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran kale juga mengandung sedikit protein dan serat, dua nutrisi terpenting untuk menurunkan berat badan.

4. Kaya akan antioksidan

Seperti sayuran hijau lainnya, kale sangat kaya akan antioksidan: mengandung beta-karoten dan vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Namun, banyak antioksidan yang memiliki fungsi penting lainnya. Ini termasuk flavonoid quercetin dan kaempferol, yang berlimpah dalam kubis.

5. Sumber vitamin C dan vitamin K

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: