Cegah Bau Mulut, Lakukan Dua Hal Ini

Cegah Bau Mulut, Lakukan Dua Hal Ini

Dokter Gigi Apotik Avicenna di Kota Serang, drg Rostina melakukan simulasi gosok-Dokter Gigi Rostina-

INFORADAR.ID - Gigi ialah bagian tubuh manusia memiliki peranan sangat penting untuk membantu mengunyah dan mencerna makanan. Berdasarkan jenisnya gigi terdiri dari gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan atau premolar, gigi geraham belakang atau molar dan gigi geraham bungsu.

Salah satu gigi bermasalah karena tidak terawat maka akan mengakibatkan sakit gigi. Ketika sudah sakit gigi maka akan mengakibatkan rasa nyeri dan gigi tidak bisa lagi mengunyah maupun mencerna makanan. 

Oleh karena kesehatan gigi perlu dijaga dengan baik agar tidak sakit gigi dan bau mulut.

Menurut  Dokter Gigi Apotik Avicenna di Kota Serang, drg Rostina, bahwasanya cara merawat gigi dengan baik adalah rajin sikat gigi minimal dua kali sehari.

"Sikat gigi dua kali sehari. Setelah sarapan dan menjelang tidur," katanya kepada INDORADAR.ID, Minggu, 15 Oktober 2023.

Tujuan menyikat atau menggosok gigi ialah untuk membersihkan sisa makanan. Mencegah dan menghilangkan napas tak sedap atau bau mulut.

"Lalu mencegah  lubang gigi atau karies, dan penyakit gigi dan gusi lainnya dan juga mencegah gangguan pencernaan. Karena gigi merupakan gerbang dari sistem pencernaan," katanya.

Gigi yang sehat akan berfungsi dengan baik dan mengoptimalisasi proses pencernaan secara keseluruhan. Dengan menjaga kebersihan mulut sama halnya mencegah berbagai penyakit gigi dan mulut agar tidak berkembang lebih parah dan menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan tubuh keseluruhan.

"Selain rajin menyikat gigi jangan lupa untuk rajin memeriksa gigi secara berkala ke dokter gigi. Minimal 6 (enam) bulan sekali melakukan pemeriksaan," katanya. (*)

BACA JUGA:Rahasia Daun Sirih untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: