Wisata Religi Makam Sunan Gresik, Wali Songo Pertama

Wisata Religi Makam Sunan Gresik, Wali Songo Pertama

makam sunan gresik--instagram/_fasya_05

INFORADAR.ID - Salah satu tempat wisata religi yang direkomendasikan di Gresik, Jawa Timur adalah Makam Sunan Gresik, yang nama aslinya adalah Maulana Malik Ibrahim.

Sunan Gresik/ Maulana Malik Ibrahim merupakan seorang yang menjadi salah satu dari sembilan wali atau biasa disebut wali Songo, yang berperan aktif menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara, khususnya Pulau Jawa.

 Makam Sunan Gresik merupakan makam yang menjadi salah satu tempat wisata ziarah di Gresik, sehingga setiap harinya selalu dipadati oleh peziarah, terutama di hari libur.

BACA JUGA:Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Tuban, Pencipta Lagu Tombo Ati

Jalan menuju Makam Sunan Gresik sangat mudah. Ketika Anda memasuki kota Gresik, Anda lanjut menuju arah alun-alun. Di sana tempat makam Sunan Gresik yang dekat sekali, hanya berjarak sekitar 200 meter saja.

Biaya parkit di sana pun terjangkau, Anda cukup membayar Rp3.000 untuk kendaraan motor, Rp10.000 untuk kendaraan mobil dan ada tarif khusus untuk peziarah yang membawa rombongan.

Tempat makam Sunan Gresik ini terletak di Desa Gapuro Sukolilo, Kec. Gresik, Kab. Gresik. Kawasan makam Sunan Gresik tidak terlalu besar.

Kawasan ini memiliki 2 bagian utama, yaitu bangunan dengan arsitektur berbentuk pendapa yang menjadi tempat utama makam Sunan Gresik dan makam ulama lainnya.

Untuk dapat memasuki pendapa ini, para peziarah dapat melewati pintu yang berwarna putih, lebar pintunya hanya cukup untuk 2 orang saja.

Di dalam bangunan utama makam terdapat kubah yang berisi makam Sunan Gresik. Di kubah yang sama juga, ada makam Sayyidah Siti Fatimah dan Syekh Maulana Maghfur, yakni istri dan anak dari Sunan Gresik. Ketiga makam ini dikelilingi oleh pagar yang terbuat dari besi agar tidak rusak.

Peziarah yang datang biasanya membacakan dzikir, sholawat dan bertawasul mengirimkan doa kepada Sunan Gresik.

Para peziarah setelah selesai berdzikir dan berdoa, dapat berjalan ke gang samping kawasan pemakaman sunan Gresik untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh khas Gresik. Gang ini juga menjadi jalan penghubung makan sunan dan tempat parkir bus.

Dalam sejarah Islam, Sunan Gresik merupakan salah satu ulama yang pertama yang aktif menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Jawa.

Beliau merupakan seorang yang menjadi salah satu dari 9 wali atau wali songo, yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Delapan wali yang lain adalah Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Muria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: