UIN SMH Banten Sosialisasikan Penerapan Prinsip 3R Kepada Masyarakat Kampung Panggang

UIN SMH Banten Sosialisasikan Penerapan Prinsip 3R Kepada Masyarakat Kampung Panggang

Potret pasca sosialisasi kebersihan lingkungan oleh UIN SMH Banten.-pict-

INFORADAR.ID – Tingkatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat. Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menggelar Sosialisasi Penerapan Prinsip 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) di Kampung Panggang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang pada hari Sabtu (23/09/23)

Kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan di Kampung Panggang, Kota Serang yang diikuti oleh kurang lebih 40 ibu rumah tangga.

Acara yang di gelar ini merupakan program Fakultas Dakwah (FADA), Akademik Writing Center (AWC), dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

BACA JUGA:Mengenal Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dengan Pengelolaan Maggot Bersama Kukerta UIN SMH Banten

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya yang berada di Kampung Panggang, Serang soal pentingnya memiliki karakter peduli lingkungan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma dan sinergitas institusi pendidikan dan pemerintah daerah dengan tujuan meningkatkan pemahaman, keterampilan dan perubahan perilaku masyarakat sebagai upaya menjaga lingkungan yang berkelanjutan.

Mengelola sampah dengan benar adalah salah satu cara penting untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah. Namun, penerapannya harus dilakukan secara konsisten dan terus-menerus.

Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi yang akan datang.” Ujar Nadia Nurfitria, salah satu dosen UIN SMH Banten.

BACA JUGA:PPL Integratif Kelompok 23 Filantropi UIN SMH Banten Dampingi Pelaku Usaha, Tertibkan Sertifikasi Halal Gratis

Selain mengusung tema Pengolahan sampah dengan Prinsip 3R, Kegiatan ini juga mengusung tema “Membudidayakan Penghijauan di Lahan yang Sempit” dengan narasumber yang diisi oleh Yuyun Yuningsih, selaku penilik di Kota Serang.

Terdapat doorprize peralatan rumah tangga berupa dispenser, kipas angin, setrika, alat mana satu set, dan berbagai souvenir hadiah lainnya, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi para peserta dalam mengikuti sosialisasi ini hingga akhir.

Lurah Cipcok jaya menambahkan pihaknya dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Dosen UIN SMH Banten, Nadia Nurfitria serta Trainer dan Penilik Kota Serang, Yuyun Yuningsih, pihak AWC Serta LP2M UIN Banten.

“Berharap dengan kegiatan ini masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan bisa mengurangi volume sampah yang ada di Kampung Panggang, Kecamatan Cipocok Jaya ini.” Ujar Lurah Cipocok Jaya.

BACA JUGA:Mengenal Agama Hindu Bersama Generasi Literat di Kegiatan Hang Out Kebhinekaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: