Kemenkumham RI Buka Lowongan CPNS/PPPK 2023, Lukusan SMA Bisa Ikut Daftar di Sini

Kemenkumham RI Buka Lowongan CPNS/PPPK 2023, Lukusan SMA Bisa Ikut Daftar di Sini

ilustrasi Kemenkumham membuka formasi CPNS 2023-Kemenkumham RI-

INFORADAR.ID - Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI) pada tahun ini membuka lowongan bagi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Pendaftaran CPNS dan PPPK ini sudah dibuka sejak 20 September hingga tanggal 09 Oktober 2023.

Dilansir dari website kemenkumham.co.id, Kemenkumham membuka 1.000 kouta CPNS yang terdiri dari benerapa formasi yakni penjaga tahanan atau sipir, dan dosen dengan jenjang asisten ahli.

Adapun rinciannya yakni 941 orang CPNS dengan formasi sipir pria umum, 50 formasi sipir untuk wanita, formasi pria Papua 6 orang, dan formasi pria Papua Barat 3 orang. Untuk jabatan dosen, Kemenkumham mencari 13 orang di formasi umum, satu orang lulusan terbaik, dan satu orang di formasi disabilitas.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto menjelaskan, formasi sipir itu terbuka untuk umum, yang mana setiap warga negara Indonesia dengan jenjang pendidikan minimal lulusan SLTA/SMA sederajat bisa mendaftar sebagai sipir.

“Kemenkumham membuka 1.000 formasi CPNS dengan minimal pendidikan SLTA sederat. Nantinya para CPNS itu akan ditempatkan di 33 kamtor Wilayah Kemenkumham. Sementara, untuk formasi dosen dengan keahlian akan ditempatkan di pusat,” jelas Andap, dikutip Inforadar dari website resmi Kemenkumham.co.id, Kamis 21 September 2023.

Selain CPNS, Kemenkumham juga membuka kouta untuk PPPK sebanyak 1.563 formasi. Formasi itu terbagi dalam 1.135 formasi khusus, 397 formasi umum dan 31 formasi disabilitas.

Formasi khusus diperuntukan untuk tenaga non ASN yang sudah mengabdi dan memenuhi kualifikasi pendidikan dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di Kemenkumham.

BACA JUGA:BKKBN Buka 2.044 Formasi CPNS dan PPPK, Lulusan SMA Bisa Daftar di Sini

Pada rekrutmen PPPK kali ini, terdapat 22 jabatan yang dibuka mulai dari analis hukum, analis kekayaan intelektual, arsiparis, pemeriksaan desain industri, pemeriksa merk, pemeriksa paten, pranata komputer, penyuluh hukum, bidan, apoteker, dokter, dokter gigi, perawat, terapis gigi dan mulut, psikolog dan fisioterapis.

Selain itu, terdapat juga formasi PPPK jenjang terampil yaitu arsiparis, bidan, pranata komputer, terapis gigi dan mulut.

Baik lulusan SLTS/SMA sederajat maupun jenjang pendidikan lain yang minat mendaftar CPNS dan PPPK 2023 bisa melakukan pendaftaran di situs https://daftarsscasn.bkn.go.id/akun. 

Selanjutnya peserta mengunggah dokumen persyaratan masing-masing formasi dan jabatan. Peserta kemudian berpartisipasi dalam serangkaian pilihan. Bagi pelamar CPNS, rangkaian seleksinya meliputi seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar, seleksi kemampuan lapangan, integritas kinerja, dan kelulusan akhir.

Sedangkan untuk PPPK, rangkaian seleksinya meliputi seleksi administrasi, seleksi kemampuan, seleksi kemampuan teknis tambahan, dan pengisian nomor induk DRH PPPK.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: