Selain KUR BRI 2023, Program UMi Juga Selamatkan Masyarakat dari Jeratan Rentenir

Selain KUR BRI 2023, Program UMi Juga Selamatkan Masyarakat dari Jeratan Rentenir

Lampiran tabel angsuran - BRI Regional Office Jakarta 3-

INFORADAR.ID - Selain program KUR BRI 2023, masyarakat juga kini bisa memenfaatkan program Ultra Mikro atau UMi yang merupakan program kerja sama antara Bank BRI, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani.

Seperti halnya KUR BRI 2023, program UMi juga menawarkan pinjaman dengan bunga ringan tanpa agunan, sehingga sangat membantu dan meringankan beban masyarakat untuk terus mengembangkan usahanya.

Sebagai bukti komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalu KUR BRI 2023, Bank BRI juga berkolaborasi dengan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk terus memberdayakan ekonomi masyarakat lemah di Indonesia.

Menurut Regional CEO BRI Regional Office Jakarta 3, Nazaruddin, melalui bantuan program UMi, Bank BRI berusaha melindungi masyarakat berpenghasilan kecil agar terhindar dari jeratan rentenir, perputaran modal masyarakat ekonomi lemah akan dibantu Bank BRI agar usaha mereka dalam menghidupi keluarga akan terus berjalan.

Nazaruddin menegaskan, program UMi menitikberatkan pada bunga ringan dan pinjaman tanpa agunan. Inilah yang menjadi keunggulan UMi. 

BACA JUGA:Begini Cara Pengajuan KUR BRI 2023, Yuk Simak Point Pentingnya

Nazaruddin menjelaskan, plafond atau besaran pinjamanan UMi sebesar Rp 5 Juta untuk usaha perdagangan dan jasa. Suku bunganya cukup ringan yakni 1,75% flat/Bulan (untuk kredit harian/ mingguan) atau efektif yang setara dengan 1,75% flat/bulan (untuk kredit musiman).

Bagi usaha perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan musiman, jangka waktu pinjamannya mencapai 6 bulan. Sementara bagi usaha perdagangan dan jasa jangka waktu pinjamannya hingga 3 bulan.

Nazaruddin berharap masyarakat yang memiliki usaha untuk ikut kedalam program UMi dalam rangka mengembangkan usaha mereka. Program ini sendiri memang dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki usaha kecil dan tidak memiliki cukup modal dalam mengembangkan usaha mereka.

"Program UMi sesuai namanya Ultra Mikro, memang dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil. Kami berkomitmen melindungi masyarakat usaha kecil untuk dapat terus mengembangkan usahanya, karena masyarakat usaha kecil atau UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia," ujar Nazaruddin, Kamis 21 September 2023.

Nazaruddin mengatakan, masyarakat umum juga bisa bergabung dalam mengembangkan produk UMi, sebagai mitra UMi. 

Mitra UMi sendiri merupakan kepanjangan tangan Bank BRI yang dapat melayani transaksi dan jasa perbankan serta dapat membantu para pelaku usaha Ultra Mikro disekitar lingkungannya untuk dapat mengajukan pinjaman dengan proses yang cepat dan mudah tanpa harus datang ke kantor BRI.

Selain itu, ada empat manfaat bagi masyarakat umum menjadi mitra UMi, diantaranya mendapat kepercayaan dari BRI, dengan reputasi Bank terbesar di Indonesia, membantu pelaku usaha Ultra Mikro menyelamatkan dari jeratan rentenir, menjadi figur inspiratif di lingkungannya, membantu mengembangkan usaha ultra mikro di lingkungannya serta menjadi penggerak ekonomi masyarakat dilingkungannya.

"Dan yang tak kalah penting, mitra UMi akan mendapat tambahan sharing fee dari transaksi Agen BRILink Mitra UMi dan mendapat hadiah melalui program yang ada," jelas Nazaruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: