DPC HPI Lebak Wadah Bagi Pemandu Wisata

DPC HPI Lebak Wadah Bagi Pemandu Wisata

Sumber Foto : DPC HPI Kabupaten Lebak--

INFORADAR.ID - Keberadaan DPC HPI Kabupaten Lebak berdiri pertama kali pada tahun 2014, dengan beranggota enam orang, saat ini ketua DPC Kabupaten Lebak diduduki oleh Hao Dudin.

DPC HPI Kabupaten Lebak sejak didirikan dari 2014 hingga 2023 saat ini, sudah memiliki 83 orang yang merupakan pemandu wisata atau tour guide lokal Kabupaten Lebak yang mengajak wisatawan berkeliling mengunjungi destinasi wisata yang ada di Lebak.

Dalam mengembangkan wisata di pelosok daerah, Dewan Pengurus Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Kabupaten Lebak mengajak masyarakat untuk jadi pemandu lokal dan beperan aktif membantu menciptakan kesan wisata yang baik.

Ketua DPC HPI Kabupaten Lebak, Hao Dudin, mengatakan tujuan memberikan pemahaman tentang keprofesian pemandu terhadap masyarakat luas dan memberikan pelatihan dan pembelajaran terhadap pemula dalam pemanduan.

"Tujuan kami yang lain diantaranya berkolaborasi dengan pemangku kebijakan. Bekerjasama dengan pelaku usaha jasa wisata lainya dan peningkatan kaderisasi melalui pembinaan dan pengayaan pontensi SDM," katanya kepada Radar Banten.

Dengan total 83 orang anggota yang terdiri dari pemandu City Tour 10 orang, Pemandu Lokal 25 orang, Pemandu Goa 3 orang, Pemandu Gunung 15 orang dan Pemandu Saba budaya 29 orang. Menjadikan DPC HPI Lebak sebagai salah satu perhimpunan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pada setiap individu, selain itu keberadaan pemandu diharapkan membuka lapangan pekerjaan bagi setiap masyarakat Kabupaten Lebak.

Hao Dudin juga berharap, Pramuwisata harus memberikan kesan perpisahan yang baik pada setiap pengunjung agar kedepannya mereka menyambut baik dan bisa datang kembali untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada Kabupaten Lebak.

"Pramuwisata mampu menciptakan kesan dan penilaian baik atas Daerah, Negara, Bangsa, dan Kebudayaan. Selain itu Pramuwisata harus mampu menguasai diri, tenang, segar, rapi, bersih serta berpenampilan simpatik. Tentunya juga Pramuwisata harus mampu menciptakan suasana gembira dan sopan," ucapnya.

DPC HPI Kabupaten Lebak, memiliki Visi Menjadi pemandu yang profesional atas dasar pengabdian yang cinta kearifan lokal. Sementara Misi DPC HPI Kabupaten ada lima, di antaranya :

Misi

1. Membanggun organisasi yg profesional

2. Meciptakan tenaga pemandu yg profesional

3. Menyiapkan pemandu yg berdasarkan kecintaan dan pengabidian sebagai profesi 

4. Mampu berkolaborasi dengan prangkat kebijakan

5. Membina pontensi SDM yg didasari kearifan lokal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: