Makam Keramat Syekh Sangadiah Pandeglang, Hanya 300 Meter dari Pusat Kota

Makam Keramat Syekh Sangadiah Pandeglang, Hanya 300 Meter dari Pusat Kota

Makam Keramat Syekh Sangadiah, Kebon Kopi di Pandeglang. Foto: Moch Madani Prasetia--

INFORADAR.ID --- Di Kabupaten Pandeglang ternyata ada lokasi wisata religi yang terkait erat dengan penyebaran agama Islam di daerah itu. Namanya Makam Keramat Syekh Sangadiah.

Lokasinya hanya berjarak 300 meteran dari pusat kota. Letak persisnya di Kampung Kebon Kopi, Kelurahan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang.

Konon, situs makam keramat ini sudah ada sejak abad ke-16, saat Islam pertama kali menyebar di wilayah Pandeglang, Banten.

Tak sulit bagi peziarah yang hendak mengunjungi Makam Keramat Syekh Sangadiah di Pandeglang. Makam Keramat Syekh Sangadiah ini merupakan bagian penting dari warisan budaya Pandeglang. 

Namun sayang, pemerintah belum memberikan perhatian maksimal terhadap pemeliharaan dan perawatan makam ini.

Padahal, banyak peziarah dari luar Pandeglang yang setiap saat mengunjungi makam keramat ini. 

Penanggung-jawab Kenadziran Syekh Sangadiah, Kebon Kopi, Tb Nawawi Abdul Fattah mengatakan, makam keramat Syekh Sangadiah merupakan cagar budaya penting dalam penyebaran agama Islam di Pandeglang. 

"Makam keramat Kebon Kopi ini bagian dari sejarah dan cagar budaya. Peziarah yang datang kesini banyak yang berasal dari luar Pandeglang," kata Tb Nawawi sebagaimana dilansir dari laman radarbanten.co.id. 

Untuk itu, Tb Nawawi berharap perlunya perawatan dan penataan Makam Keramat Syekh Sangadiah, agar peziarah merasa nyaman.

Tb Nawawi mengaku, bahwa kontribusi dari pengunjung dan dermawan sangat minim, sehingga ia harus mengeluarkan dana pribadi untuk merawat makam tersebut.

Menurut Tb Nawawi, kondisi makam saat ini lebih baik dari sebelumnya. "Namun, harap tau saja, biaya perawatannya berasal dari kantong pribadi saya," kata Tb Nawawi. 

Padahal, kata dia, selama ini beberapa pihak menjanjikan untuk membantu perawatan makam. Hanya saja, hingga sekarang belum ada yang terealisasi. 

"Kalau bantuan itu ada, sedianya untuk perbaikan tembok, atap, lampu jalan dan infrastruktur di sekitar makam," kata Tb Nawawi.

Tb Nawawi berharap kepada pihak-pihak terkait dapat memberikan perhatian untuk perbaikan Makam Syekh Sangadiah. Terlebih, letak makam keramat ini dekat dengan pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: