Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Banten

Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Banten

Pondok pesantren dar el-qolam--Tangkap layar Gmps @shandika

INFORADAR.ID - Pondok pesantren merupakan pilihan yang tepat bagi pendaftar yang ingin belajar tentang agama dan budaya umum.

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional di mana para siswa tinggal dan belajar bersama di bawah bimbingan seorang guru yang disebut kiai, dan memiliki asrama.

Provinsi Banten terkenal dengan banyaknya pondok pesantren salafi dan modern. Tidak mengherankan jika Banten memiliki julukan 'Tanah Jawara' dan juga julukan 'Negeri Seribu Qiyai, Negeri Sejuta Santri'.

1. Pondok Pesantren Dar el Kolam (Darqo)

Pondok Pesantren Dar el Kolam (Darqo), Gintung, merupakan pondok pesantren modern yang sangat populer di Banten, bahkan di Indonesia.

Pesantren ini merupakan pesantren terbesar di Banten dan salah satu pesantren terbesar di Indonesia.

Beralamat di Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten, sekolah ini didirikan pada tanggal 20 Januari 1968.

Lembaga pendidikan Islam ini merupakan model integrasi antara sistem pendidikan lokal dengan sistem pendidikan madrasah dan sekolah.

Pesantren merupakan gagasan Haji Khasad Mansur dan diimplementasikan oleh K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997).

Setelah K.H. Ahmad Rifai Arief wafat pada tanggal 15 Juni 1997, kepemimpinan Pesantren diteruskan oleh saudaranya, Dr K.H. Ahmad Shahiduddin dan putra sulungnya, Adrian Mafatihla Karim. Di bawah kepemimpinan K.H. Ahmad Shahiduddin, Pesantren Dar el Khorram mulai berkembang secara signifikan.

BACA JUGA : Pondok Pesanten Al Mizan Milad ke-30 Dimeriahkan dengan Berbagai Kegiatan

2. Pondok Pesantren La Tansa

Pondok Pesantren Modern La Tansa merupakan salah satu pesantren modern yang cukup populer di Banten. Lokasi pesantren ini berada di Parakansantri, Lebakgedon, Lebak, Banten.

Nama 'La Tansa' diambil dari bahasa Arab yang berarti 'Ingat'. Pondok Pesantren Modern La Tansa merupakan salah satu pondok pesantren modern yang cukup populer di Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: