Sejarah dan Evolusi Tiktok yang Perlu Kamu Tahu

Sejarah dan Evolusi Tiktok yang Perlu Kamu Tahu

Aplikasi Tiktok saat ini--freepik/@myriammira.dll

INFORADAR.ID - TikTok telah berkembang secara eksponensial dalam hal popularitas dan jumlah pengguna. Kini beberapa video dan tren paling viral yang Anda temukan di platform lain dapat ditelusuri kembali ke TikTok. Itulah betapa populernya aplikasi ini saat ini.

Dari aplikasi yang tidak terlalu mencolok yang terutama digunakan untuk sinkronisasi bibir pada masanya sebagai Musical.ly.

TikTok adalah aplikasi media sosial populer yang memungkinkan pengguna membuat, menonton, dan berbagi video berdurasi 15 detik yang direkam di perangkat seluler atau webcam.

Dengan umpan video pendek unik yang dipersonalisasi dan disetel ke musik dan efek suara, aplikasi ini terkenal karena kualitasnya yang membuat ketagihan dan tingkat keterlibatan yang tinggi.

BACA JUGA : 5 Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark dan Tanpa Aplikasi

Pembuat konten amatir dan profesional dapat menambahkan efek seperti filter, musik latar, dan stiker ke video mereka, serta dapat berkolaborasi dalam konten dan membuat video duet layar terpisah meskipun mereka berada di lokasi berbeda.

Sebelum TikTok menjadi TikTok, namanya Musical.ly. Itu adalah aplikasi video pendek yang terutama berfokus pada konten sinkronisasi bibir dan mendapatkan popularitas yang signifikan pada saat itu. 

Ketika diakuisisi oleh ByteDance pada tahun 2018, namanya diubah menjadi TikTok dan sejak itu tumbuh secara eksponensial dalam hal popularitas dan jumlah pengguna.

Menurut Statistik tiktok terbaru, aplikasi tersebut telah diinstal 3 miliar kali. Ia juga menawarkan 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Hal ini mengesankan mengingat platform ini hanya memiliki sekitar 133 juta pengguna aktif bulanan ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018. 

Pertumbuhan pengguna yang signifikan menunjukkan banyak hal tentang popularitas platform dan sifat menariknya.Terlebih lagi, platform ini tidak lagi hanya untuk sinkronisasi bibir. Pembuat konten di platform ini menjadi sangat kreatif dengan konten mereka, membuat sketsa lucu dan video informatif. 

Hiburan dan tarian terus menjadi jenis video terpopuler di TikTok. Namun Anda juga dapat menemukan banyak konten pendidikan yang mencakup berbagai topik mulai dari kesehatan hingga investasi.

Platform ini juga terus berkembang dalam hal fitur dan kemampuan. Misalnya, video TikTok awalnya hanya berdurasi hingga 15 detik. Platform ini telah memperpanjang batas ini untuk mengizinkan video berdurasi hingga 10 menit – naik dari durasi aslinya yang mencapai 3 menit.

BACA JUGA : Bukan Cuma Affilliate, Ini 6 Cara Dapat Uang dari TikTok

Mengingat perkembangannya dari waktu ke waktu dan t merutama dengan perpanjangan durasi video, TikTok akan segera siap bersaing dengan platform video berdurasi panjang seperti YouTube.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: