Kurangi Polusi Udara, PLN Dukung Masyarakat Menggunakan Kendaraan Listrik

Kurangi Polusi Udara, PLN Dukung Masyarakat Menggunakan Kendaraan Listrik

Mobil Listrik--pexels/ Mike Bird

iINFORADAR.ID - Polusi di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) dilaporkan sangat buruk dalam sepekan terakhir.

Seperti dilansir dari situs pemantau kualitas udara IQAir, pada Selasa 15 Agustus 2023 pukul 05.43 WIB, indeks kualitas udara di Ibu Kota berada di angka 165 US AQI.

Angka kualitas udara ini mencatatkan wilayah metropolitan Jakarta masih berada di kategori tidak sehat nomor dua di dunia.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengumpulkan jajaran kabinet kerja dan pemerintah daerah khususnya.

Hal ini untuk memberikan langkah-langkah untuk mengurangi polusi udara yang dibagi menjadi jangka pendek, menengah dan panjang.

Salah satunya adalah jangka menengah, pemerintah mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik (EV), serta meminta PLN (Perusahaan Listrik Negara) untuk membangun lebih banyak Stasiun Pengisian kendaraan listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menanggapi, bahwa PLN mendukung upaya Pemerintah untuk mengurangi emisi melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan memastikan seluruh daerah memiliki infrastruktur yang memadai.

Hal ini merupakan langkah strategis perusahaan tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendorong transisi energi di Indonesia.

Darmawan menambahkan, dengan adanya insentif dari pemerintah untuk sepeda motor listrik, baik untuk pembelian sepeda motor baru maupun konversi sepeda motor konvensional berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik.

PLN siap mendukung penuh dengan menyediakan infrastruktur yang memadai dan berharap masyarakat tidak ragu untuk beralih ke kendaraan listrik

Darmawan juga menegaskan bahwa masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik tidak perlu khawatir, karena setiap pembelian kendaraan listrik, khususnya kendaraan roda empat, akan mendapatkan gratis pemasangan charger rumah tangga dan diskon biaya listrik untuk pengisian daya pada pukul 22.00-05.00. Selain itu, infrastruktur pengisian daya publik juga tersedia.

Saat ini, PLN mengoperasikan lebih dari 600 SPKLU (Stasiun Pengisian kendaraan listrik Umum), 1.400 SPBKLU (Stasiun Pengisian Baterai kendaraan listrik Umum), dan 9.000 SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) di seluruh Indonesia.

Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Darmawan menjelaskan bahwa peralihan ke kendaraan listrik merupakan pilihan strategis mengingat sektor transportasi merupakan salah satu sumber utama emisi karbondioksida di Indonesia.

kendaraan listrik merupakan moda transportasi yang sangat ramah lingkungan dan penggunaan kendaraan listrik telah mengurangi emisi karbon sekitar 50%.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber