Cara Menjawab Pertanyaan Kritis Saat Presentasi, Kamu Wajib Coba

Cara Menjawab Pertanyaan Kritis Saat Presentasi, Kamu Wajib Coba

Potret dua orang yang sedang melakukan presentasi di depan kelas.-pexels/@ThisIsEngineering-

INFORADAR.ID – Guys, buat kamu, yang jadi mahasiswa, kalian wajib banget pakai trik ini ketika kalian sedang presentasi dan mendapatkan pertanyaan yang kritis dari teman kalian.

Pertanyaan yang kritis biasanya muncul dari orang-orang yang memiliki keingintahuan yang dalam terhadap materi yang kita bawakan saat presentasi.

Mereka akan terus menerus bertanya dan bahkan akan menggali dan mengorek lebih dalam lagi atas apa yang kita sampaikan di saat kita presentasi di dalam kelas.

mahasiswa yang memiliki pemikiran yang kritis, mampu memberikan pertanyaan yang seolah-olah menjebak kita di saat presentasi tengah berlangsung.

Namun dengan adanya pertanyaan-pertanyaan kritis yang dilontarkan tersebut agar kita bisa mulai untuk berpikir lebih dalam dan kritis atas argumen yang dapat kita sampaikan.

Selain itu, pertanyaan kritis yang muncul juga bisa menjadi sebagai nilai tambah bagi kita gar terus berperan aktif dalam membentuk diskusi di dalam kelas sehingga presentasi yang dibawakan tidak terkesan monoton.

Namun, banyak di antara kita yang justru menghindari pertanyaan-pertanyaan itu karena dinilai terlalu berat untuk dijawab.

Bukan hanya itu, tidak sedikit di antara kita juga yang kesulitan untuk menjawab pertanyaan kritis yang dikemukakan oleh teman kita, karena berbagai faktor alasan.

Adapun tips atau cara yang bisa kita lakukan untuk menjawab pertanyaan kritis yang muncul di tengah waktu presentasi, kita bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Gunakan Landasan Saat Menjawab

Dengan menggunakan landasan atau referensi dari suatu sumber dan tokoh, itu bisa menjadi pendukung dan penguat atas argumen atau pendapat yang kita sampaikan.

Landasan yang kita sampaikan itu, dapat berupa teori ataupun data yang sudah kita cari dan terpercaya sehingga patut untuk disampaikan dalam memberikan jawaban di saat presentasi.

2. Jawab Dengan Tegas

Sangat perlu dilakukan sikap yang tegas ketika kita akan menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

Biasanya, orang yang selali ingin mengorek materi yang dibawakan, cenderung akan selalu melebar ke berbagai hal.

Justru dengan itu kamu harus mempertegas jika sudah di luar pembahasan atas materi yang telah dipresentasikan sebelumnya.

Kamu bisa memberikan jawaban, seperti “Maaf, itu sudah ada di luar pembahasan. Lanjut!!”.

3. Tanya Balik

Jika kamu benar-benar kesulitan menjawab pertanyaan kritis yang diberikan oleh temanmu, cobalah untuk mengajukan pertanyaan balik kepada temanmu itu.

“Contohnya seperti apa? Supaya kami bisa memahami pertanyaannya”

Dengan mengajukan pertanyaan balik, itu bisa memudahkanmu untuk mencerna pertanyaannya kembali.

Adapun jika benar-benar tidak bisa, cobalah untuk mendesaknya agar dia bisa menjawab pertanyaannya sendri.

Untuk itu, kita bisa memancingnya dengan cara menanyakan beberapa hal yang bersangkutan dengan pertanyaan sehingga nantinya akan menjadi jebakan dan dia akan menjaawabnya.

Beberapa cara menjawab pertanyaan kritis di atas wajib sekali kita terapkan agar presentasi yang kamu lakukan, bisa berjalan dengan baik sehingga kita bisa merasa puas atas penyampaian dan diskusi yang dilakukan.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, mahasiswa PPL UIN MSH Banten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: