Kenali 3 Tahapan OSPEK yang Wajib Kamu Ikuti, Mahasiswa Wajib Tahu

Kenali 3 Tahapan OSPEK yang Wajib Kamu Ikuti, Mahasiswa Wajib Tahu

Ilustrasi: Mahasiswa Baru yang siap mengikuti OSPEK di perguruan tinggi.-Freepik/@jacomb-

INFORADAR.ID – Orientasi Pengenalan Studi dan Kehidupan Kampus atau yang biasa disebut dengan OSPEK merupakan salah satu rangkaian kegiatan kampus untuk mahasiswa baru.

OSPEK merupakan salah satu bentuk pengenalan bagi mahasiswa baru agar lebih dekat dan beradaptasi dnegan lingkungan kampus dan seluk-beluk kehidupan akademik kampus.

OSPEK biasanya diselenggrakan selama berhari-hari yang dimulai dari pagi hingga sore hari dengan beragam jenis mata acara yang harus diikuti oleh mahasiswa baru di kampus tersebut.

Terdapat beberapa tingkatan OSPEK yang biasanya ada di perguruan tinggi dengan sistem dan pemaparan yang tentunya berbeda juga. 

Yuk simak tingkatan OSPEK yang ada di kampus atau Perguruan Tinggi yang wajib kamu, mahasiswa baru ketahui:

OSPEK Universitas

OSPEK Universitas merupakan OSPEK yang diselenggarakan oleh universitas sebagai orientasi bagi seluruh mahasiswa baru di berbagai fakultas dan jurusan.

Kegiatannya meliputi acara pengenalan kampus, peraturan universitas, kegiatan akademik, organisasi kemahasiswaan tingkat universitas, dan lainnya. Biasanya OSPEK Universitas diselenggarakan 2-3 hari.

OSPEK Fakultas

Merupakan OSPEK yang dilakukan dalam lingkup fakultas. Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan fakultas, struktur organisasi, kurikulum, dosen, dan kolega sefakultas, dan lainnya.

Biasanya disini akan diadakan sidang senat serta pertemuan dengan dosen wali. OSPEK fakultas juga diselenggarakan 2-3 hari.

OSPEK Jurusan

Merupakan OSPEK yang dilakukan oleh satu jurusan tertentu untuk para mahasiswa baru yang telah diterima.

Kegiatannya meliputi pengenalan struktur jurusan, mata kuliah, fasilitas dan laboratorium, kurikulum, serta pengenalan dosen dan senior di jurusan tersebut.

OSPEK tiap jurusan biasanya rentang waktunya berbeda, ada yang hanya 1 minggu bahkan ada yang 1 semester, tergantung dari jurusan tersebut.

Nah, tiga tahapan OSPEK itu wajib banget kamu ikuti, agar kamu bisa mengenak kampus, fakultas dan jurursanmu lebih dalam terlebih lagi perihal akademik yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru. 

Dalam OSPEK itu juga kamu akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dan jika kamu memiliki kekeliiruan atau tidak faham, kamu bisa langsung menananyakannya pada orang yang lebih tepat.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: